Gempa 5,7 SR Guncang Kota Bula, SBT Tidak Berpotensi Tsunami

oleh
oleh
Lokasi Gempa di Kabupaten Seram Bagian Timur. FOTO BMKG

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wilayah Laut Seram diguncang gempabumi tektonik, Minggu (3/2/2019). Gempa tidak berpotensi tsunami. Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam siaran pers yang diterima Terasmaluku.com mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=5,7 SR yang kemudian dimutakhirkan menjadi Mw=5,4.

Rahmat mengatakan episenter gempabumi terletak pada koordinat 3,22 LS dan 130,78 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 km arah Timur Laut Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Maluku pada kedalaman 40 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas North Seram Thrust. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault),” kata Rahmat.

Rahmat mengatakan guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Kecamatan Siwalalat II MMI, termasuk juga di Kota Bula, Kabupaten SBT. “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,” kata Rahmat.

Rahmat mengatakan hingga pukul 17.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 2 kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock). “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Rahmat. (ADI).

BACA JUGA :  Delapan Pejabat Maluku Pensiun Tahun 2018, Februari Pemprov Lelang Jabatan

No More Posts Available.

No more pages to load.