Doni Monardo Minta Walikota Adakan Sensor Tsunami Di Teluk Ambon

by
Kepala BNPB Doni Monardo

TERASMALUKU.COM,-AMBON- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Doni Monardo menggelar rapat koordinasi bencana se-Kota Ambon yang berlangsung di Auditorium Unpatti Ambon, Selasa (9/4/2019). Dalam pertemuan tersebut Doni Monardo menyampaikan kepada masyarakat agar dapat memperhatikan tanda-tanda alam.

“Tsunami mau datang itu pasti ada gejala sebelumnya, harus perhatikan tanda-tanda alam, itu yang harus diketahui oleh masyarakat,” kata Doni dalam rapat yang dihadiri Walikota Ambon Richard Louhenapessy dan pejabat terkait lainnya.

Mantan Pangdam 16 Pattimura ini mengatakan, masyarakat harus bisa beradaptasi dengan lingkungn sekitar, walaupun ada teknologi dan kemampuan untuk membaca tanda-tanda alam. “Tanda-tanda alam yang biasanya disampaikan oleh hewan sebelum kejadian itu bisa dikombinasikan dengan teknologi dan informasi awal yang telah diketahui,” ujarnya.

Dia mengaku, kombinasi ini sangatlah baik, sehingga ketika adanya peristiwa alam maupun bencana masyarakat sudah waspada dan tau apa yang harus dikerjakan. “Karena kalau ada gempa 30 kali berturut-turut sudah harus meninggalkan tempat itu tanpa harus ada peringatan terlebih dahulu,” katanya.

Dia menambahkan, saat ini Kota Ambon belum mendapatkan alat pendeteksi tsunami, tetapi Walikota Ambon harus memberikan usulan agar sensor bisa juga dipasang di wilayah Teluk Ambon, sehingga jika terjadi sudah ada alat yang mendeteksi.(ALFIAN SANUSI)

BACA JUGA :  Seminggu Puasa Listrik Padam Sehari Dua Kali, Warga Seram Selatan Unjuk Rasa Tagih Janji PLN

No More Posts Available.

No more pages to load.