Sirop Lemon Cina, Solusi Produk Olahan Saat Panen Melimpah

oleh
Nike Lidiyastuti Aritovani, dengan produk olahan dari seratus persen bahan alami buah khas Maluku lemon cina atau lemon cui (10/4). FOTO: Priska Birahy

 

TERASMALUKU.COM –  Di pasar tradisional Ambon sedang melimpah lemon cina. Pedagang menjual sekantong merah besar dengan harga hanya Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu. Sedangkan sekantong plastik kecil seharga Rp 5.000. Saking murahnya kita bisa melihat buah perasa asam alami khas Maluku itu menguning dan nyaris busuk.

Sejak Maret hingga Mei memang diprediksi sebagai bulan panen besar lemon cina. Di lahan pertanian, Gemba Seram Bagian Barat setiap hari ada panen.

Bagi orang Ambon lemon cina atau lemon cui ini paling top jadi bahan utama colo-colo lengkap dengan potongan bawang merah, tomat, dan cabai segar. Tapi apakah si ulat asam yang sedang meruwah itu hanya jadi satu olahan saja.

Lemon cina yang khas pada hampir setiap makanan orang Maluku nyataya bisa dijadikan sirop. Ya, sebuah olahan baru dari bahan baku lemon cina. Nike Lidiyastuti Aritovani sang innovator kuliner ini awalnya melihat ada banyak lemon cina yang menguning berhamburan di pasar. “Ada banyak sekali lemon cina di pasar saya lihat melimpah ada beberapa busuk dan terbuang. Dari situ saya melihat peluang,” katanya.

Air perasan lemon cina yang kemudian diolah jadi sirop atau disimpan sebelum diolah kembali

Dari situ munculah ide untuk mengolah buah khas di Maluku itu menjadi sebuah produk olahan pangan yang lain dari lain. Bahan baku utamanya jelas dari lemon cina, gula, garam secukupnya dan penguat rasa asam.

Di pabrik pengolahan di kawasan BTN Manusela, Nike menunjukkan proses pembuatan sirop khas Ambon itu. Semua bahan diaduk hingga matang lalu dimasukan ke dalam botol. Prosesnya pun dilakukan dengan cermat dan steril agar tidak ada bakteri lain yang larut. “Katong kasih masuk ke botol dalam keadaan agak hangat supaya tidak ada bakteri. Mulut botol juga diberi perekat khusus biar awet,” jelas owner Nacha Food itu.

BACA JUGA :  Pertamina Jelaskan Kronlogis Kebakaran Mobil Saat Isi BBM di SPBU Belakang Kota Ambon

Menurut Nike ada keunggulan dari buah satu ini. Lemon cina yang telah matang benar dan menguning punya kandungan vitamin C yang tinggi. Karena itu sangat pas untuk konsumsi sehari-sehari. Selain segar, sirop satu ini pun menyehatkan.

Saat ini produk sirop lemon cina masih dijual terbatas yakni pada dua toko oleh-oleh di Kota Ambon. Ibu beranak dua itu berencana menambah jenis produk olahan dari lemon cina. Yakni selai lemon cina, cuka lemon cina dan jus lemon cina. Tujuannya sederhana agar makin banyak produk olahan khas Maluku yang dikenal luas.

 

Lemon cina yang melimpah di Maluku bisa jadi peluang usaha pangan olahan yang bernilai ekonomis

“Sayang kalau tidak dimanfaatkan. Maluku ini banyak sekali potensi. Buahnya, bisa dibuat apa saja,” ujar alumnus Teknik Industri Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS). Diapun berharap agar masyarakat Ambon bisa melihat peluang serupa. Saat bedang musim macam ini, dia menyetok banyak buah dalam jumlah banyak. Air perasan lemon cina akan disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu khusus agar bertahan dalam waktu lama.

Dengan begitu saat tidak sedang musim panen pun, mereka masih tetap berproduksi. Pembuatan sirop juga variasi olahan pangan Maluku dapat menjadi peluang usaha dan kemandirian bagi siapa saja yang ingin mencoba. Siapa tahu dalam beberapa tahun lagi, sirop lemon cina bisa jadi buah tangan paling dicari seperti halnya sirop buah kawista asal Rembang atau Markisa asal Sulawesi. (PRISKA BIRAHY)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.