BPJS Tetap Aktif Selama Masa Libur Lebaran

by
BPJS Kesehatan tetap memberikan pelayanan bagi pasien peserta BPJS selama libur lebaran (27/5). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON,- Selam libur lebaran BPJS tetap mengaktifkan layanan terbaik kepada masyarakat peserta BPJS yang ingin beribat. Setiap fasilitas kesehatan (faskes) telah dibekali dengan sistem layanan terpadu selama libur yang memungkinkan pasien tetap terlayani dengan baik dan maksimal.

BPJS Kesehatan Cabang Ambon memastikan pelayanan kepada pasien peserta BPJS pada tiap faskes tetap berjalan. “Selama libur tidak perlu khawatir, masyarakat bisa berobat dimana saja. Tidak harus berobat ke faskes yang terdaftar,” ungkap Kepala BPJS Cabang Ambon Afliana Latumakulita saat jumpa wartawan, Senin (27/5/2019).

Skema berobat peserta BPJS Kesehaan yang mendatangi faskes pratama terdaftar pada kartu BPJS. Namun ada pengecualian selama masa libur lebaran. Apabila faskes terdekat tutup, masyarakat bisa mendatangi faskes mana saja yang buka untuk mendapat layanan kesehatan.

Itu berlaku juga bagi mereka yang datang dari luar kota atau daerah. Masyarakat diberi kemudahan mengakses layanan. Afli menyontoh, jika dokter keluarga (faskes pratama) tutup, maka boleh langsung mendatangi rumah sakit atau faskes lanjutan.

“Ini terobosan layanan kami kepada masyarakat dan sudah kami sampaikan seluruh puskesmas, dokter keluarga klinik dan rumah sakit,” aku Afli.

BPJS juga telah menempelkan poster berisi informasi layanan selama libur lebaran di tiap faskes dari tingkat pratama hingga lanjutan. Tujuannya agar masyarakat tahu, paham dan tidak khawatir lagi jika ada yang sakit atau butuh pengobatan selama masa libur.

Selain itu Afli juga minta masyarakat yang memiliki riwayat penyakit kronis atau butuh pengobatan khusus untuk berkoordinasi dengan dokter. Tujuannya untuk bisa mendapatkan stok obat bilamana pasien hendak bepergian atau mudik dalam waktu lama dan jauh. “Di sistem terbaca stok obat pasien, semisal tinggal dua minggu. Tapi kalau mau mudik bisa diminta untuk stok yang panjang,” terangnya. (PRISKA BIRAHY)