Rumput Alun-Alun Kota Ambon Diganti Bata Beton

oleh
Pemasangan bata beton (paving block) mengganti rumput hijau di Lapangan Merdeka Ambon (16/7). FOTO: Priska Birahy

TERASMALUKU.COM,AMBON,  –  Lapangan Merdeka atau alun-alun Kota Ambon sebentar lagi punya wajah baru. Rumput hijau yang menghiasi tengah lapangan itu kini diganti dengan ribuan bata beton atau paving block.

Proyek pengerjaan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku itu baru dilakukan pada awal Juli 2019. Puluhan pekerja ditugaskan merombak total area tengah lapangan yang berumput. Jika anda datang ke Lapangan Merdeka, akan terlihat susunan beton kotak serta alat pengeruk atau eskavator di tengah lapangan.

Lapangan Merdeka Kota Ambon dulu saat masih berumput hijau

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ismail Usemahu saat dikonfirmasi melalui telepon mengatakan pemasangan bata beton itu bukan tanpa maksud. “Namanya mau bikin bagus, jadi multi fungsi nanti. Kalau hujan kan sering becek jadi kami benahi,” bebernya kepada Terasmaluku.com siang (16/7/2019).

Genangan air adalah salah satu alasan utama pihaknya mengganti rumput hijau dengan bata beton. Dia menilai lapangan yang sering dijadikan tempat acara dan aktifitas olahraga warga itu perlu dibenahi jadi lebih baik. Yakni dengan memasang beton anti becek.

Padahal hampir setiap hari warga kota banyak beraktifitas di situ. Sepeti berlatih bola dan olahraga ringan. Hal itu tak pelak menuai protes dan ditentang warga. Di lini masa facebook misalnya, warganet banyak yang membagi unggahan mereka perihal pemasangan bata beton itu.

Dari pantauan wartawan, rerata mereka menyayangkan kebijakan itu pada salah satu ruang terbuka ikonik di Kota Ambon. Ada yang menyoalkan tentang serapan air, area terbuka yang ramah untuk aktifitas pun arena olahraga yang terancam hilang.

Menanggapi hal itu, Ismail malah berkomentar santai. “Main bola, itu bukan lapangan standar. Kalau mau tendang biasa juga bisa. Biasa kalau mau bikin bagus pasti ada yang komentar,” tutur Ismail. Bisa jadi area itu akan dipasangi rumput sintesis agar dapat digunakan dengan nyaman.

BACA JUGA :  Dishub Coba Solusi Lain Cegah Kemacetan Di Pasar Mardika

Ismail bersih keras menyebut jika pemasangan beton dapat mencegah genangan. Dia beralasan, selama ini air hujan tidak terserap dan malah membuat lapangan becek. “Dimana-mana kalau hujan tergenang,” imbuhnya.

Raymon, salah seorang warga memberi komentarnya. “Beta baru liat ada pasang ini, nanti kalau mau main bola atau olahraga bagaimana,” sebut Raymon yang saat itu tengah berteduh di tribun.

Masyarakat pada umumnya mendukung kebijakan pemerintah untuk membawa perubahan baik. Namun pemasangan beton mengganti rumput hijau tampakanya bakal menuai protes panjang oleh warga. (PRISKA BIRAHY)

No More Posts Available.

No more pages to load.