Cegah Kecelakaan, Dishub Bakal Pasang Zona Selamat Sekolah

oleh
oleh
Siswi SMP Negeri 6 Ambon menyebrang setelah keluar dari sekolah, Kamis (1/8/2019). FOTO : PRISKA BIRAHY (TERASMALUKU.COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon berencana memasang tanda zona selamat sekolah (ZSS) di tiga titik jalan kompleks persekolahan. Pemasangan itu untuk memastikan kendaraan memperlambat lajunya saat mendekati area sekolah.

Kompleks persekolahan TK dan SD Belakang Soya (Belso), SMP Negeri 6 Ambon dan kompleks SD Negeri 1 dan 2 Ambon. Pemberian cat merah juga speed trap bakal dilakukan pada jalan dekat sekolah.

Robby Sapulette, Kepala Dishub Kota Ambon mengatakan jika selama ini aktifitas penyeberangan pada jam masuk dan lulang sekolah cukup rawan. “Di situ kendaraan lewat banyak sekali. Zona selamat sekolah inj biar pengendara bisa memperlambat laju biar anak anak bisa lewat dengan aman,” jelas Robby kepada Terasmaluku.com, Kamis (1/8/2019).

Di kawasan tersebut juga kerap terjadi kemacetan dimana terjadi drop-off dan pick-up penumpang dengan tidak teratur. Alhasil pada jam jam tersebut kalan di dua area itu macet total.

Pemasangan zona selamat sekolah, lanjut Robby berupa pemberian warna merah pada area dengan luas tertentu pada aspal. Pengecatanannya dilakukan pada jarak aman dengan punyu masuk keluar sekolah.  “Kami sudah susun itu dan rencana akan pasang. Iya kan, itu berbahaya kalau tidak pasang,” katanya.
Rencanannya dalam tahun ini ada usulan dan segera direalisasikan.

Robby juga menambahkan bahwa dalam pengerjaannya nanti akan melibatkan puhak balai jalan nasional. Sebab ruas jalan depan kompleks Sekolah Belso berada pada jalan Nasional. Untuk itu pihaknya terus berkoordinasi agar pemasangan ZSS terlaksana. (PRISKA BIRAHY)

BACA JUGA :  Pemkot Ambon-Belanda Akan Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

No More Posts Available.

No more pages to load.