Fraksi NasDem Tolak LPJ APBD Bupati SBB, Kader Lain Protes

oleh
oleh
Bupati SBB M. Yasin Payapo dan Wakil Bupati SBB Timotius Akerina meniup lilin bersama saat syukuran HUT Proklamasi KE 74 RI di Pandopo Bupati, Sabtu (17/8/2019). FOTO : FADLI

TERASMALUKU.COM,-PIRU-Sikap Fraksi Partai NasDem di DPRD yang menolak Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBD 2018 Bupati Seram Bagian Barat (SBB) M. Yasin Payapo menuai protes kader NasDem. Adalah Ketua OKK DPD Partai NasDem Kabupaten SBB Zainudin Hitimala yang mempersoalkan sikap politik Fraksi NasDem.

Kepada wartawan di Piru, Minggu (18/8/219) Zainudin mengungkapkan penyesalannya kepada Ketua Fraksi Partai NasDem Arifin Pondlan Gresya di DPRD Kabupaten SBB yang menolak LPJ APBD 2018 Bupati dalam pendapat akhir fraksi, Jumat (2/8/2019).

Zainudin mengatakan sikap Arifin yang juga Ketua DPD Partai NasDem SBB itu melanggar etika koalisi Partai Hanura dan NasDem yang mengusung pemerintahan Bupati M.Yasin Payapo dan Wakil Bupati SBB Timotius Akerina. Wakil Bupati SBB, Akerina merupakan kader Partai NasDem.

“Ketua fraksi tidak menyadari perannya di parlemen sebagai representasi partai sekaligus petugas partai. Seyogyanya sebelumnya mengambil sikap atas LPJ APBD berkoordinasi secara internal, kami pengurus tidak dilibatkan dalam penyusunan naskah kata akhir fraksi. Sangat sepihak apa yang dilakukan Ketua Fraksi itu,” kata Zainudin.

Zainudin juga mengatakan DPW Partai NasDem Maluku tidak diberitahu terkait penolakan Fraksi NasDem atas LPJ APBD Pemerintah Kabupaten SBB Tahun 2018 itu. “DPW juga tidak tau, selaku partai koalisi kami sangat sayangkan sikap saudara Ketua Fraksi yang juga Ketua DPD yang seenaknya bertindak tanpa koordinasi,” ungkap Zainudin.

Ia mengatakan Partai NasDem menganut sistem keterbukaan serta jauh dari sikap kepura puraan berkaitan dengn proses pengambilan keputusan.”Kita kolektif kolegial, semestinya Ketua DPD harus bisa memposisikan dirinya sebagai pimpinan partai yang bertanggung jawab secara baik dalam membawa visi besar restorasi partai ini di daerah. Tugas sebagai anggota dewan harus diposisikan dalam memperjuangkan aspirasi partai dengan demikian aspirasi rakyat terakomodir di dalamnya,” kata Zainudin.

BACA JUGA :  DPRD Maluku Minta Kepala Daerah Dukung Pembentukan DOB

Ia berharap Partai NasDem tetap komitmen mengawal pemerintahan Bupati Yasin Payapo dan Wakil Bupati SBB Timotius Akerina hingga akhir masa jabatannya.“Partai tetap komitmen bersama pemerintahan saat ini untuk membangun daerah. Perjuangan partai tidak muda untuk mengusungan dan kerja politik memenangakan bupati dan wakil bupati saat ini, perjuangn ini jangan sampai mengabaikan semua aspek kepentingan yang ada,” kata Zainudin.

Sementara itu Ketua DPW Partai NasDem Maluku, Hamdani Laturua mengakui sudah diberitahu Ketua DPD Partai NasDem SBB terkait sikap fraksi yang menolak LPJ APBD Kabupaten SBB 2018. “Ketua DPD sudah kasih tau (sikap fraksi) minggu kemaren, hanya drafnya belum kami dapat,” kata Hamdani saat dihubungi, Minggu malam. (FADLI/ADI)

No More Posts Available.

No more pages to load.