BNI Biayai Pabrik Amonium Nitrat

oleh
oleh
Pemimpin Divisi BUMN dan Institusi Pemerintah BNI Bapak Babas Bastaman (kedua kanan) dan Direktur Utama PT. Kaltim Amonium Nitrat Budi Antono (tengah) menandatangani Perjanjian Kredit di Jakarta, Selasa (26 November 2019). Penandatanganan itu disaksikan oleh Direktur Bisnis Konsumer BNI Anggoro Eko Cahyo (kanan), Direktur Utama PT Dahana (Persero) Budi Antono (kedua kiri), dan Direktur Teknik dan Pengembangan PT Pupuk Kalimantan Timur Satrio Nugroho (kiri) FOTO : Humas BNI

TERASMALUKU.COM,-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menandatangani Perjanjian Kredit dengan PT Kaltim Amonium Nitrat untuk membangun Pabrik Amonium Nitrat di Bontang, Kalimantan Timur. Pabrik dengan kapasitas 75.000 ton per tahun ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan bahan peledak utama yang dibutuhkan di dalam negeri.

Penandatangan Perjanjian Kredit dilakukan oleh Direktur Utama PT Kaltim Amonium Nitrat Bimo Noesantoropoetro bersama dengan Pemimpin Divisi BUMN dan Instritusi Pemerintah BNI Babas Bastaman di Jakarta, Selasa (26/11/2019). Hadir menyaksikan acara tersebut Direktur Bisnis Konsumer BNI Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama PT DAHANA (Persero) Budi Antono, serta Direktur Teknik dan Pengembangan PT Pupuk Kalimantan Timur Satriyo Nugroho.

PT Kaltim Amonium Nitrat merupakan perusahaan patungan antara PT DAHANA (Persero) melalui anak usahanya PT Dahana Investama Corp dengan PT Pupuk Kalimantan Timur yang merupakan anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero).  BNI telah terlebih dahulu turut memberikan dukungan pemenuhan kebutuhan pembiayaan kepada para pemegang saham PT Kaltim Amonium Nitrat yaitu PT DAHANA (Persero) sejak tahun 2012 dan PT Pupuk Kalimantan Timur sejak 2013.

Anggoro mengatakan, “BNI memberikan dukungan penuh untuk bisnis PT DAHANA (Persero) dan PT Pupuk Kalimantan Timur demi mewujudkan kemandirian industri bahan peledak di dalam negeri, terutama Amonium Nitrat yang merupakan bahan baku utama bahan peledak yang akan mendukung industri pertambangan.”

Sementara itu, Direktur Utama PT DAHANA (Persero) Budi Antono mengungkapkan bahwa seluruh produk yang dihasilkan dari Pabrik Amonium Nitrat ini akan diambil oleh PT DAHANA (Persero) untuk memenuhi sebagian kebutuhan Amonium Nitrat PT DAHANA (Persero). Adapun bahan baku utama untuk produksi Amonium Nitrat yaitu amoniak akan disediakan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur.

BACA JUGA :  Pertamina Fuel Terminal Wayame Jadi Pelanggan Premium Silver PLN, Penuhi Kebutuhan Listrik Tangki LPG Pertama di Maluku

Budi Antono menambahkan, dengan dibangunnya Pabrik Amonium Nitrat ini diharapkan dapat menjadi katalisator bagi tumbuh kembangnya industri turunan baik untuk komersial maupun untuk industri pertahanan. Dengan total investasi mencapai lebih kurang Rp1,1 triliun, pembangunan Pabrik Amonium Nitrat akan dikerjakan oleh Konsorsium PT Wijaya Karya dan Sedin Engineering, Co Ltd.

Pembangunannya akan membutuhkan waktu sekitar 30 bulan, terhitung sejak  akhir tahun ini. Dengan pembiayaan sebesar Rp 796 miliar dari BNI, diharapkan pembangunan pabrik Amonium Nitrat ini dapat terealisasi tepat waktu guna mendorong terlaksananya kemandirian industri bahan peledak di Indonesia, sehingga industri bahan peledak nasional bisa menjadi “TUAN DI NEGERI SENDIRI”. (ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.