Kolaborasi Kerukunan Umat Beragama di Pembukaan Duta Qasidah

oleh
oleh
Suasana pertujukan musik tradisional saat pembukaan Duta Qasidah di Lapangan Tahapary Ambon, Senin (25/11/2019). FOTO : INFOKOM AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kolaborasi kerukunan antar umat bergama di Kota Ambon Provinsi Maluku terwujud di pembukaan pemilihan duta qasidah tingkat nasional ke XXIV di Lapangan Tahapary Tantui Kota Ambon, Senin (25/11/2019) malam.

Kolaborasi ini ditunjukkan melalui penampilan gabungan pemain alat musik terompet pengiring ibadah di Gereja dengan musik Islam klasik hadrat serta alat musik tradisional Maluku totobuang.
Penampilan puluhan pemuda yang tergabung dari pemain terompet dari 14 gereja di Kota Ambon berkolaborasi dengan pemain hadrat dan totobuang para pemuda muslim dari beberapa sanggar seni.

Kolaborasi musik ini menjadi pembuka acara dengan lantunan lagu salawat nabi dan permainan alat musik hadrat dan totobuang. Selain kolaborasi alat musik juga penampilan penyanyi Iin Nahumarury dengan gabungan paduan suara pemuda gereja yang membawakan lagu Surgamu.

Tarian kolosal gabungan 150 siswa SMAN 11 dan 13 Ambon juga turut memeriahkan pembukaan acara dengan tarian yang menggambarkan upaya merawat persaudaraan dan perdamaian di kota Ambon.

Tarian kolosal yang dibawakan sekaligus mempertegas Ambon sebagai kota musik dunia versi Unesco, karena dalam tarian ini ditampilkan berbagai alat musik dan gambaran kehidupan masyarakat Maluku dalam ikatan pela gandong.

Pemilihan Duta qasidah diikuti kontingen dari 34 provinsi di Indonesia yang mengikuti 13 kategori mata lomba yang dipertandingkan dalam festival seni dan qasidah gambus diantaranya bintang vokalis anak-anak putra atau putri, bintang vokalis remaja putra atau putri, bintang vokalis dewasa putra/putri, bintang vokalis religi remaja putra, bintang vokalis dewasa putra/putri.

Selain itu  bintang vokalis pop religi putra /putri dan katagori rebana klasik putra putri. Kegiatan lomba dipusatkan di beberapa lokasi yakni Gedung Islamic Center Waihaong, dan Lapangan Tahapary Tantui Kota Ambon.(ANT)

BACA JUGA :  Bupati Serahkan Hibah Tanah Pembangunan Lapas dan Kantor PN Dataran Hunimoa

No More Posts Available.

No more pages to load.