Seekor Penyu Belimbing Terdampar di Asilulu Dengan Banyak Bekas Luka

oleh
Warga temukan bangkapi penyu belimbing (Dermochelys coriacea) di Desa Asilulu, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (23/5/2020). FOTO: BKSDA Maluku

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea)  ditemukan warga terdampar di Pantai Asilulu Kecamatan Lehitu Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (23/5/2020) pukul 07.00 WIT. Temuan ini merupakan yang kali pertama terjadi Asilulu. Namun sudah sudah beberapa kali di Maluku.

Sayangnya penyu berukuran panjang 180 cm lebar badan 140 cmn dan tinggi 50 cm itu ditemukan dalam keadaan mati. Dari keterangan yang diperoleh BKSDA Malauku, seorang nelayan yang hendak berangkat memancing dari Negeri Asilulu yang menemukan bangkai penyu kali pertama.

Seekor penyu belimbing (Dermochelys coriacea)  ditemukan warga terdampar di Pantai Asilulu Kecamatan Lehitu Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (23/5/2020) pukul 07.00 WIT. FOTO : DOK. BKSD MALUKU

“Bangkai penyu tersebut kemudian dibawa menuju tepi pantai dan dilaporkan kepada salah satu petugas KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) Dirjen PRL (Penataan Ruang Laut) yang tinggal di sekitar desa tersebut untuk kemudian dilaporkan kepada petugas Balai KSDA Maluku,” jelas Kepala Satgas polhut BKSDA Maluku Seto, kepada Terasmaluku.com Sabtu pagi.

Dari laporan itu petugas KKP tersebut, petugas Balai KSDA Maluku beserta petugas dari Loka PSPL Sorong langsung mendatangi lokasi untuk lakukan identifikasi. Dibantu warga sekitar mereka juga memindahkan bangkai penyu dari pantai ke mobil.

Hasilnya penyu itu berjenis kelamin betina. Di sekujur tubuhnya terdapat terdapat banyak bekas luka. Besar dugaan itu akibat tubuh penyu dihantam ombak sehinga terbentur pada karang dan batu.

“Tapi petugas masih mendalami penyebab kematian dari informasi yang diperoleh dari masyarakat. Namun kemungkinan penyebab kematian penyu tersebut dikarenakan akibat terseret ombak besar dan terbentur benda-benda keras seperti batu dan karang,” lanjut Seto.

Menurut informasi warga sekitar, Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea) belum pernah terlihat mencari makan di perairan Desa Asilulu. Masyarakat setempat pun berharap agar pihak terkait melakukan sosialisasi atau penyuluhan terkait penanganan satwa laut jika sewaktu-waktu masyarakat menemukan satwa yang terdampar kembali.

BACA JUGA :  Dinkes Kota Ambon Temukan 26 Pasien Kusta Baru di 2023

Saat ini bangkai penyu belimbing telah dikuburkan pihak BKSDA Maluku. Penguburan dilakukan di sekitar Komplek Perumahan Pegawai BKSDA Maluku di Desa Passo Kecamatan Baguala Kota Ambon.

Kegiatan pemusnahan disaksikan langsung oleh petugas dari Balai KSDA Maluku, PSDKP Ambon, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku dan Loka PSPL Sorong. (PRISKA BIRAHY)

No More Posts Available.

No more pages to load.