PT Sumber Daya Wahana Serahkan APD Untuk Petugas Medis di Ambon dan Masohi

oleh
oleh
Bantuan APD dari PT Sumber Daya Wahana ke RSUD dr M. Haulussy Ambon, Rabu (10/6/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-PT Sumber Daya Wahana menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk petugas medis, garda terdepan penanganan Covid-19 khususnya di Kota Ambon dan Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Donasi APD berupa 150 hazmat suits, 15,000 masker dan 100 face shield dari PT. Sumber Daya Wahana diserahkan ke RSUD Dr M. Haulussy Ambon dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Malteng melalui Dinas Kesehatan Malteng untuk diteruskan ke RSUD Masohi pada Rabu (10/6/2020).

Bambang Eko, Plantation Manager, PT Sumber Daya Wahana mengatakan bantuan ini merupakan hasil donasi kolektif karyawan perusahaan dan akan didistribusikan kepada para petugas medis di wilayah Ambon dan Masohi guna mendukung dan melindungi petugas medis selama bertugas merawat pasien COVID-19.

Bambang menjelaskan bantuan APD merupakan bentuk dukungan PT Sumber Daya Wahana, anak perusahaan Olam International Ltd  dalam menghadapi COVID-19. Sehingga pihaknya  melakukan aksi peduli berupa penyaluran APD kepada petugas medis yang merupakan garda terdepan penanganan pasien Covid-19 wilayah Maluku, khusunya di Ambon dan Masohi.

“Komitmen kami untuk tumbuh bersama masyarakat adalah yang terpenting saat ini, mengingat bahwa kita menghadapi krisis COVID-19 bersama-sama. Dengan memanfaatkan jaringan dan tenaga ahli yang kami miliki, kami telah memberikan dukungan kepada karyawan, mitra dan juga kepada masyarakat berupa edukasi kesehatan dan juga alat alat kesehatan untuk membantu para pekerja dan mitra kami yang terkena dampak,” kata Bambang dalam siaran pers yang diterima Terasmaluku.com, Rabu (10/6/2020).

Bambang juga mengatakan di masa-masa penuh gejolak akibat pandemi Covid-19 ini, pihaknya juga melakukan segala upaya untuk mendukung pemerintah dalam tetap membuka lapangan kerja dengan menerapkan protocol kesehatan dalam operasional perkebunan.

BACA JUGA :  Sekot Tegaskan, Pernyataannya Semata Ingatkan Warga Ambon Berhati-hati

Direktur RSUD Dr M. Haulussy Ambon,  dr Ritha Tahitu M. Kes menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas donasi APD dari PT Sumber Daya Wahana itu. “Kami berterima kasih atas kemurahan hati dan bantuan dari PT Sumber Daya Wahana, yang fokus membantu penyediaan kebutuhan sangat krusial yaitu alat pelindung diri bagi kalangan petugas kesehatan di Indonesia saat ini. Kami berharap dapat terus bekerja bersama untuk menjaga masyarakat Indonesia,” kata Ritha.

PT. Sumber Daya Wahana adalah perusahaan perkebunan yang bergerak pada komoditi kakao dibawah Olam Internasional Ltd, dengan total pekerja sebanyak 500 orang. Perusahaan ini berada di Desa Siatele, Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Malteng. Bambang mengatakan dalam operasionalnya selama tujuh tahun, PT Sumber Daya Wahana memiliki komitmen untuk turut berperan memajukan perekonomian masyarakat dan mendukung agenda pemerintah dalam mewujudkan pengembangan dan pembangunan daerah.

Pada tingkatan nasional, Olam Internasional Ltd. sebagai induk perusahaan PT Sumber Daya Wahana telah mengambil beberapa langkah inisiatif dalam mendukung masyarakat dan mitra bisnis dalam menghadapi pandemi COVID-19 di berbagai daerah, termasuk Sumatera, Jawa, dan Sulawesi.

“Antara lain, Sekitar US $150,000 (Rp2,3 miliar) telah disalurkan untuk mendukung lebih dari 393,000 komunitas petani, karyawan Olam, dan masyarakat sekitar dimana Olam beroperasi selama masa pandemi ini,” ungkap Bambang.

Bambang juga mengatakan secara proaktif telah menjangkau dan mengedukasi mitra petani kami dengan informasi tentang COVID-19 melalui platform seluler dan digital termasuk SMS, OFIS (Olam Farmer Information System) dan Olam Direct. Lebih dari 60,000 petani kakao dan kopi telah terdaftar di jaringan digital kami.

Perusahan ini juga mengubah pusat pelatihan Olam Cocoa di Luwu Utara, Sulawesi Selatan menjadi fasilitas karantina daerah serta menyediakan kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat berstatus orang dalam pengawasan (ODP). “Kami menyediakan disinfektan di area perumahan sekitar wilayah operasi manufacturingBT Cocoa di Tangerang,” kata Bambang.

BACA JUGA :  Anggota DPR RI PKS : Perempuan Berkontribusi Signifikan Terhadap Pembangunan

Di tingkat operasional bisnis, Olam Internasinal Ltd. telah mematuhi sepenuhnya pedoman pemerintah dalam mengahadapi pandemi ini dalam rangka melindungi karyawan beserta keluarganya. Hal ini termasuk pelarangan mudik bagi karyawan selama liburan Idul Fitri tahun ini.

“Kami telah menerapkan rotasi kerja shift bergilir dan juga work from home di fasilitas pabrik, kantor maupun perwakilan unit kami diseluruh Indonesia. Untuk staf kami yang tidak dapat bekerja dari rumah, kami telah menerapkan protokol kesehatan dan keselamatan yang disiplin sesuai dengan arahan pemerintah, seperti penerapan social distancing di unit kerja kami, mewajibkan memakai hand-sanitizer dan masker di seluruh unit termaksud PT Sumber Daya Wahana,”jelas Bambang.

Bambang mengatakan  PT Sumber Daya Wahana akan terus bekerja sama dengan masyarakat dan pemerintah dalam menghadapi COVID-19. “Terima kasih yang terdalam untuk para tenaga medis profesional serta seluruh pekerja lainnya yang menjadi garda terdepan di Indonesia atas segala upaya yang tak kenal lelah dalam perjuangan ini. Bersama kita bisa,” tutur Bambang. (ADV)

No More Posts Available.

No more pages to load.