Pemkot Ambon Siapkan RS Darurat Penanganan COVID-19, Ini Lokasinya

oleh
oleh
Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler. FOTO : DOK. (TERASMALUKU. COM)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan COVID -19 menyiapkan rumah sakit darurat untuk menangani pasien COVID-19.

Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler menyatakan, rumah sakit darurat COVID-19 yang ditangani Gustu Kota Ambon disiapkan untuk melayani pasien. “Setelah dikoordinasikan dengan Pemprov Maluku, kita dipinjamkan Balai Diklat Pertanian Maluku yang akan digunakan sebagai rumah sakit darurat,” katanya di Ambon, Jumat (12/6/2020). Balai Diklat Pertanian berada di kawasan Waiheru Ambon

Dikatakannya, Asisten II Pemkot Ambon akan mengkoordinir instansi terkait Kota Ambon untuk melihat langsung kondisi balai diklat Pertanian, sekaligus melihat kekurangan fasilitas untuk dilengkapi. “Kita sementara melihat kekurangan di sana, jika ada yang kurang kita akan lengkapi sebagaimana layaknya RS untuk tangani kasus COVID-19,” ujarnya.

Tim medis yang akan bertugas di RS darurat COVID-19 Kota Ambon yakni tiga orang dokter dibantu 27 perawat yang bertugas selama dua minggu. Setiap hari akan dilayani 30 orang tenaga medis dibagi dalam tiga shift yakni 1 dokter dan sembilan perawat per shift.

“Selesai bertugas selama dua minggu, mereka akan dikarantina juga selama dua minggu di Balai Diklat Agama, barulah mereka pulang ke rumah. Dipastikan tenaga medis akan tinggalkan keluarga selama satu bulan,” kata Syarif.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy menambahkan sebanyak 40 kamar disiapkan untuk melayani pasien COVID-19. RS darurat Kota Ambon akan membantu tiga RS darurat yang ditangani Pemprov Maluku yakni di BPSDM, LPMP dan Balai diklat perikanan.

“RD darurat Kota Ambon pemberlakuannya sama dengan tiga lainnya, kita berterima masih kepada Pemprov Maluku yang telah memfasilitasi balai diklat pertanian, semuanya ini merupakan tanggung jawab bersama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, ” tandasnya. (Penina Fiolana Mayaut/ANT)

BACA JUGA :  Rektor : Lulusan  Unpatti Jangan Bermimpi Jadi ASN

No More Posts Available.

No more pages to load.