Lantamal IX Ambon Dan Instansi Maritim Tanam Ribuan Bibit Bakau

oleh
oleh
Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto bersama instansi Maritim melakukan penanaman 2.000 bibit bakau  di Teluk Ambon, Selasa(7/7 2020). FOTO : DISPEN LANTAMAL IX.

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Untuk memulihkan kelestarian lingkungan, Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto bersama instansi Maritim melakukan penanaman 2.000 bibit bakau di pantai Mako Lantamal lX Halong, kawasan Teluk Ambon, Selasa(7/7 2020).

Penanaman bakau atau manrove ini sebagai bentuk kepedulian Lantamal IX Ambon dalam pelestarian lingkungan Teluk Ambon. Keberadaan ekosistem mangrove terbilang cukup penting khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan terhadap resiko bencana maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.

Dalam sambutannya Danlantamal IX Pertama TNI Budi Purwanto mengungkapkan tanaman bakau berfungsi sebagai pencegah abrasi dan erosi (Pengikisan tanah) di kawasan pantai. “Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa di sekitar area itu,” kata Budi.

Budi mengatakan saat ini sudah banyak lembaga dan elemen masyarakat yang turut serta dalam kegiatan menanam mangrove. Tujuannya tak lain untuk memperbaiki lahan dan wilayah kawasan pesisir yang rusak agar hijau kembali.

“Kegiatan penanaman pohon bakau yang dilaksanakan hari ini merupakan program yang berorientasi pada perbaikan fungsi ekosistem pesisir laut dalam upaya mengintegrasi pembangunan sektoral dengan daya dukung lingkungan hidup. Hal ini merupakan wujud pengabdian Lantamal IX terhadap masyarakat, bangsa dan negara,” telas Budi.

Instansi yang hadir dalam kegiatan penanaman 2.000 bibit bakau yakni Guspurla Koarmada III, Kamla Zona Timur, KSOP Ambon, Pelabuhan Perikanan Nusantara, Cabang ASDP, Dinas Navigasi Kelas 1, Kanwil Balai Perikanan Budidaya Laut, Dinas Lingkungan hidup, Polairud Polda Maluku, Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Maluku dan Korcab IX DJA III. (ALFIAN)

BACA JUGA :  Cara Mengecek dan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor

No More Posts Available.

No more pages to load.