Speedboat Rute Ternate-Ambon Tenggelam di Perairan Halsel

oleh
oleh
Korban tenggelamnya speedboat rute Ternate - Ambon selamat menjalani penanganan medis di Halmahera Selatan (Abdul Fatah)

TERASMALUKU.COM,-Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) melaporkan, sebuah speedboat atau perahu motor cepat rute Kota Ternate menuju Ambon berpenumpang empat orang tenggelam di perairan Pulau Mandioli, Halmahera Selatan (Halsel) pada Rabu (19/8/2020) malam, seorang korban di antaranya hilang.

Kepala Basarnas Ternate, Muhamad Arafah melalui siaran pers, Kamis (20/8/2020), melaporkan, personelnya yang ditempatkan di Pos Unid Siaga SAR Bacan menerima info dari seorang warga bernama Andri bahwa speedboat dengan rute Ternate menuju Ambon tenggelam di perairan Pulau Mandioli, Kabupaten Halmahera Selatan.

Dalam pencarian itu, personelnya berhasil menyelamatkan tiga penumpang speedboat di antaranya Ikram Marassabesi (24 tahun), Ibrahim Marassabesi, Ismail Marassabesi asal Kota Ambon berhasil diselamatkan dan menjalani perawatan medis, sedangkan satu korban lainnya bernama Asrul Marassabesi dinyatakan hilang dan masih dalam pencarian dengan dibantu tim Ditpolairud Polda Malut serta personel Lanal Ternate.

Muhammad Arafah menjelaskan, pada tanggal 18 Agustus 2020 sekitar pukul 05.00 WIT, empat orang ini berangkat dengan menggunakan satu unit Speedboat dari Ternate menuju Kota Ambon dan speedboat yang mereka tumpangi tenggelam di antara perairan Pulau Mandioli – Obilatu. Keempat korban ini berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan jerigen dan terapung-apung.

Salah seorang korban bernama Ikram (24 tahun) memberanikan diri untuk berenang menuju ke daratan dan meninggalkan ketiga rekannya yang masih terapung-apung untuk mencari bantuan dan pada tanggal 19 Agustus 2020 sekitar pukul 16.00 wit berhasil diselamatkan oleh nelayan sekitar di Perairan Wayaua, Kabupaten Halsel.

Korban langsung dibawa menuju Babang, Bacan dan segera menginfokan detail kejadian kepada personil Polair Babang yang sedang bertugas.

Saat itu, Kansar Kota Ternate berkoor dinasi dengan Unit Siaga SAR Bacan serta Instansi berpotensi SAR di wilayah Kabupaten Halmahera Selatan dan Koordinator Unit Siaga SAR Bacan beserta personil segera menuju ke Polres Kabupaten Halmahera Selatan untuk mengumpulkan info lebih detail dikarenakan satu korban yang ditemukan selamat di bawa menuju ke Polres Kabupaten Halmahera Selatan.

BACA JUGA :  Satgas Covid-19 SBT Perketat Penyekatan di Pelabuhan Bula

Sehingga, pada tanggal 20 Agustus 2020 sekitar pukul 10.00 Wit, Tim Rescue Unit Siaga SAR Bacan melakukan pencarian terhadap satu orang korban speedboat tenggelam yang belum ditemukan dengan menggunakan RIB 01 Bacan.

Adapun area pencarian terfokus di pesisir Perairan Desa Wayawua dengan Luas Area ± 157 Nm2 sekaligus memantau rompon-rompon yang berada di sekitar perairan tersebut hingga hari ini operasi SAR telah memasuki hari ke dua. (ant)

No More Posts Available.

No more pages to load.