SKK Migas – KKKS Pamalu, HAGI dan IAGI Beri Donasi Ilmu Kebumian ke 4 kampus di Papua dan Maluku

oleh
oleh
Kepala Perwakilan SKK Migas Papua dan Maluku, A. Rinto Pudyantoro (kiri) menyerahkan donasi saat seminar nasional secara virtual, Selasa (27/10/2020). FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku, bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di wilayahnya menyelenggarakan Kegiatan Kuliah Umum dan Seminar Nasional Ilmu Kebumian sebagai bentuk komitmen untuk tingkatkan SDM Timur Indonesia.

Mengusung tema “Mengulang Keberhasilan Giant Discovery Hasil Investasi SDA dan SDM di Timur Indonesia” kegiatan diselengarakan secara virtual (27/10/2020), karena masih adanya pembatasan pembatasan berkumpul secara fisik akibat pandemic Covid-19.

Pelaksanaan seminar nasional yang dimotori oleh 2 lembaga asosiasi Profesional bidang kebumian, Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) dan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI), diikuti sebanyak 893 peserta.

Selain dihadiri civitas akademika dari Universitas Cenderawasih-Jayapura, Universitas Papua di Manokwari dan Sorong, Universitas Pattimura – Ambon, dan STKIP di Saumlaki, juga turut hadir mahasiswa dan praktisi ilmu ilmu kebumian dari kota Merauke, Nabire serta dari luar pulau seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Sumatera.

Kepala Perwakilan SKK Migas Papua dan Maluku, A. Rinto Pudyantoro dalam sambutan membuka kegiatan seminar nasional & kuliah umum kali ini menyatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen SKK Migas dalam meningkatkan kualitas SDM di Papua dan Maluku dan juga mewujudkan sinergi untuk menghadirkan kembali giant discovery di Timur Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, SKK Migas Perwakilan Papua dan Maluku selain mengandeng profesional terbaik dari IAGI dan HAGI juga turut mengajak konsultan energy dunia yang berkantor di Singapore dan Perth/Austalia, IHS Markit – PetroPro sebagai narasumber selain Kepala Divisi Perencanaan Eksplorasi SKK, Shinta Damayanti; Awang Satyana, Independent Geologist dan Advisor SKK Migas; Nara Nilandaroe, General Manager Genting Oil Kasuri Pte Ltd; dan Henry Banjarnahor, Vice President Corporate Services Inpex Masela Ltd.

BACA JUGA :  Tersangka Erwin Biarkan Jasad Sang Kekasih Lima Hari di Kamar Sebelum Dibuang ke Pantai

Dalam acara kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan donasi secara simbolis dari SKK Migas, KKKS, serta Asosiasi kepada Kampus-Kampus di Papua dan Maluku. “SKK Migas Papua Maluku dan Inpex Masela Ltd menyerahkan bantuan perlengkapan dan buku buku untuk rencana ruang Migas Center di perpustakaan Kabupaten Kepulauan Tanimbar di Saumlaki,” kata Rianto.

HAGI dan IAGI bersama KKKS Inpex dan BP menyerahkan donasi berupa memoir dan kerja sama kuliah tamu. Selain itu KKKS BP Indonesia turut menyerahkan donasi peralatan praktikum Geologi berupa Palu dan Kompas Geologi.

Sementara itu IHS Markit-PetroPro juga mendonasikan software pendidikan guna mendukung kemampuan intepretasi data geologi dan geofisika untuk peningkatan daya saing dan peningkatan SDM Civitas Akademika yang ada di Timur Indonesia.

Dukungan SKK Migas – KKKS dan Asosiasi ilmu ilmu kebumian, tidak hanya berhenti pada acara hari ini, namun akan dilanjutkan pada awal bulan November dengan mengadakan kuliah khusus lanjutan, yang terfokus pada kelas kelas belajar ilmu Geologi, Geofisika dan Peminyakan, seperti yang diinformasikan oleh Galih Agusetiawan, Kepala Departemen Humas SKK Migas Pamalu, yang juga merupakan seorang geoscientist, kepada awak media. (RUZADY)

No More Posts Available.

No more pages to load.