BPJS Kesehatan Gelar Monev Pelayanan Primer

oleh
oleh
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Rumondang Pakpahan. FOTO : BPJS KESEHATAN AMBON

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPJS Kesehatan Cabang Ambon menggelar pertemuan monitoring dan evaluasi pelayanan primer sekaligus penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Dokter Praktrek Perorangan (DPP) dan Klinik Pratama mitra BPJS Kesehatan di Ambon, Kamis (26/11/2020).

Agenda yang dibahas dintaranya terkait Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan (KBKP), rasio rujukan, kepatuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) terhadap perjanjian kerja sama, antrean online. mobile JKN faskes, serta review perjanjian kerja sama tahun 2021.

Dalam paparannya, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Ambon, Rumondang Pakpahan menjelaskan, FKTP merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS. Sebagai gate keeper, FKTP mempunyai fungsi kontak layanan peserta, pelayanan berkelanjutan, pelayanan paripurna dan koordinasi palayanan.

“FKTP mempunyai peran yang sangat penting dalam Program JKN-KIS. Dengan fungsi sebagai gate keeper, FKTP diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan bagi peserta JKN-KIS secara tuntas sesuai dengan kompetensi dan sarana prasarana yang dimiliki. Sehingga kualitas layanan yang diberikan kepada peserta juga meningkat,” jelas Mondang.

Mondang mengimbuhkan, pertemuan ini merupakan momen untuk mengevaluasi pelayanan FKTP selama satu tahun serta mempersiapkan komitmen kerja sama pada tahun 2021 untuk meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Berdasarkan evaluasi, masih terdapat beberapa catatan yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan pelayanan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kita adakan diskusi kira-kira apa saja yang menjadi hambatan dan mencari solusi bersama supaya segala kendala dapat teratasi sehingga pelayanan kepada peseta berjalan lebih optimal lagi,” imbuhnya.

Selain evaluasi pelayanan, BPJS Kesehatan juga memberikan apresiasi kepada DPP terbaik selama Tahun 2020 yang diberikan kepada dr. Krisna. Indikator penilaian atas capaian tersebut diantaranya adalah nilai rasio rujukan, pemantauan prolanis, Program Rujuk Balik (PRB), kredensialing, serta kepuasan peserta.

BACA JUGA :  Informa Buka Di Ambon Usung Tema Furnitur Industrial Nan Simpel

dr. Krisna, sebagai penerima penghargaan memberikan apresiasi juga kepada BPJS Kesehatan atas adanya pertemuan monev serta penghargaan yang telah diberikan.

“Pertama-tama saya mengapresiasi adanya pertemuan ini, dengan ini kita dapat menemukan solusi dari berbagai permasalahan yang ada dilapangan secara langsung. Yang kedua, atas penghargaan yang diberikan, saya harap ini dapat memotivasi saya, teman-teman DPP dan Klinik Pratama untuk dapat meningkatkan pelayanan kepada pasien,” ungkap Krisna. (ADVERTORIAL)

No More Posts Available.

No more pages to load.