Survei SDI : Pasangan Safitri Malik – Gerson Eliaser Unggul

oleh
oleh
Peneliti Sinergi Data Indonesia (SDI) Barkah Pattimahu (kanan) menyampaikan hasil survei dalam keterangan pers di Ambon, Rabu (2/12/2020). FOTO : ALFIAN SANUSI

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Pasangan Safitri Malik Soulisa – Gerson Eliaser Selsily masih unggul dari dua pasangan lainnya dalam Pilkada Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Peneliti Sinergi Data Indonesia (SDI) Barkah Pattimahu mengatakan, dari hasil survei Pilkada serentak tahun 2020 di Bursel, pasangan Safitri Malik Soulisa – Gerson Eliaser Selsily hingga saat ini masih yang tertinggi elektabilitasnya, yakni mencapai 46,14 persen.

Sedangkan elektabilitas pasangan Haji Ali – Zainudin Booy memiliki 22,73 persen, pasangan Abdurahman Soulissa 10,91 persen dan yang masih rahasia sebanyak 20,23 persen.

“Elektabilitas pasangan Safitri Malik – Gerson Eliaser Selsily masih tertinggi bila dibandingkan dengan pasangan lainnya,” kata Barkah saat merilis hasil survei di Hotel Biz Ambon, Selasa (2/12/2020).

Menurut dia, terkait politik identitas yang dibangun di Bursel, lebih dari 50 persen pemilih tidak setuju dengan politik identitas dengan isu etnis atau suku. “Mayoritas pemilih menyatakan tidak akan memilih calon yang berkampanye memaki isu etnis atau suku,” katanya.

Barkah mengaku, jika pemilih di Bursel memilih pasangan calon Safitri Malik – Gerson Eliaser sebagai pengganti Tagop Soulisa. Hal tersebut karena pasangan Safitri – Gerson lebih populer dan disukai.

“Pasangan Safitri – Gerson unggul pada semua aspek personality, dan keunggulan tertingga pada aspek kepintaran,” kata Barkah.

Dia juga menambahkan, jika pasangan calon membawa isu etnis atau suku, anak daerah maupun bukan anak daerah dapat memecah belah masyarakat Bursel. (ALFIAN SANUSI)

BACA JUGA :  Pemerintah Provinsi Maluku Utara Tunggak Dana DBH

No More Posts Available.

No more pages to load.