1.492 Sasaran di Maluku Gagal Divaksinasi, Yang Tertunda Segini

oleh
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. Foto : Terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Hingga Sabtu 13 Februari 2021, tercatat di Maluku sebanyak 1.492 orang dari kalangan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) yang menjadi sasaran vaskinasi gagal disuntik dengan vaksin sinovac dosis pertama. Sementara dosis kedua, 7 orang sasaran gagal disuntik.

Totalnya se-Maluku SDMK yang menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 14.769 orang. Sedangkan yang sudah divaksinasi sesuai update rekapan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku per Sabtu 13 Februari 2021 tercatat sebanyak 7.700 orang untuk penyuntikan dosis pertama dan dosis kedua 2.128 orang.

BACA JUGA : Update Vaksinasi : di Maluku 7.700 Sasaran Tervaksinasi Dosis Pertama, Dosis Kedua Baru Segini

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr Adonia Rerung menjelaskan penyebab sehingga sasaran gagal divaksinasi atau tidak diberikan vaksin ini dikarenakan ada penyakit yang menyebebakan sasaran tidak bisa divaksinasi dengan vaksin sinovac. “Penyebabnya karena ada penyakit yang menyebabkan tidak boleh diberikan (divaksin),”ungkapnya kepada terasmaluku.com via seluler Minggu (14/2/2021).

Dirincikannya, untuk Ambon sebanyak 772 sasaran gagal divaksinasi dosis pertama dan 7 orang sasaran gagal divaksin dosis kedua.

Maluku Tengah 45, Seram Bagian Timur (SBT) 169 orangl, Buru 159, Buru Selatan 25, Tual 37, Maluku Tenggara 113, Kepulauan Tanimbar 24 dan Kepualauan Aru 148. “Seram Bagian Barat dan Maluku Barat Daya (MBD) belum ada laporan,”sambungnya.

Foto : Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku

Selain itu kata Rerung menambahkan, di Maluku juga ada sebanyak 2.012 sasaran ditunda vaksinasi dosis pertama dan 148 sasaran untuk dosis kedua. “Tunda artinya akan dijadwal ulang karena saat mau divaksin ada keluhan, misalnya batuk, flu, tensi tinggi, lagi demam dan lain-lain,”jelasnya.

Rincian jumlah sasaran perkabupaten/kota yang ditunda proses vaksinasinya yaitu Ambon 838 sasaran untuk dosis pertama dan dosis kedua 105 sasaran, Kepulauan Tanimbar 222 sasaran ditunda penyuntikan vaksin sinovac dosis pertama dan dosis kedua 22 sasaran tertunda serta Kepulauan Aru 92 sasaran tertunda untuk penyuntikan dosis pertama sedangkan dosis kedua sebanyak 12 sasaran.

BACA JUGA :  Peringati Hari Bumi, Mahasiswa STIKES  Maluku Husada Gelar Kampanye Jaga Bumi

Malteng 72, SBT 160, Buru 228, Buru Selatan 106 Tual 43, Maluku Tenggara 223 dan MBD 28 sasaran ditunda penyuntikan dosis pertama.

Meski ada sasaran yang gagal divaksinasi maupun tertunda, dipastikan Rerung baik gagal divaksinasi maupun yang tertunda ini akan segera divaksinasi menyusul adalanya surat edaran baru dari Kementerian Kesehatan RI.

“Tapi karena ada edaran baru dari Kementerian Kesehatan, maka yang tunda segera divaksin dan yang tidak diberikan (gagal) sebagian akan diberikan,”tandasnya. (Ruzady)

No More Posts Available.

No more pages to load.