Doktor HC Letjen TNI Doni Monardo, Selarik Kisah yang Terpendam

oleh
oleh
Ketua Satgas Covid 19 Doni Monardo. FOTO : HUMAS BNPB

Doni “Anak” Popong

Lain lagi komentar wanita tokoh Sunda, Popong Otje Djunjunan. Saat diminta komentarnya ihwal penganugerahan gelar Doktor Kehormatan kepada Doni Monardo dari IPB University, seketika memekik, “Alhamdulillah!”

“Pantas. Sangat pantas, Doni mendapatkan penghargaan itu. Saya ingin sekali bisa hadir di penganugerahan itu. Doni itu ‘anak’ saya. Saya sudah anggap dia anak saya sendiri,” ujar politisi Golkar berusia 83 tahun itu.

Anggota DPR RI 2014-2019 yang akrab disapa Ceu Popong ini mengenal dengan sangat baik pribadi Doni Monardo, terlebih saat menjabat Pangdam III/Siliwangi (2017 – 2018). Ia ingat persis ketika acara lepas-sambut pejabat Pangdam III Siliwangi, November 2017.

Sebagai Pangdam yang baru, Doni Monardo dalam sambutannya mengatakan, salah satu yang hendak ia lakukan adalah membantu masyarakat Jawa Barat di bidang eko sistem khususnya Sungai Citarum. Seketika, Ceu Popong berkata dalam hati, “baru kali ini ada Pangdam yang peduli terhadap lingkungan. Bisa saya pastikan, orang ini akan meninggalkan warisan yang baik bagi Jawa Barat.”

Kini, setelah sekian tahun moment itu berlalu, ungkapan isi hati Ceu Popong pun terbukti. “Saya bangga terhadap seorang insan Tuhan yang namanya Doni Monardo. Bukan karena pangkatnya, bukan karena beliau anak tentara, tapi karena beliau punya sikap kongkrit kepada apa dan siapa yang ada di sekelilingnya,” ujar Ceu Popong, tegas.

Apa yang ada di sekelilingnya? Ada manusia, ada pohon, ada air, ada alam semesta. Jarang kita berjumpa sosok yang punya sensitivitas terhadap sekeliling. “Jarang sekali insan manusia yang punya kepedulian terhadap manusia dan alam semesta melalui tindak nyata,” ujar lulusan IKIP Bandung itu.

“Doni Monardo memandang penting semua yang ada di sekelilingnya. Sikap yang langka,” tambah sarjana sastra Sunda itu.

BACA JUGA :  Cantika Lestari dari MBD Tiba di Ambon, Polisi Langsung Razia, Miras Sopi Disita

Ceu Popong berharap, gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari IPB lebih memantapkan langkah Doni Monardo dalam mengabdi kepada bangsa dan negara, utamanya melalui pengabdian di bidang lingkungan hidup. “Saya selalu berdoa, di Indonesia akan lahir ‘doni-monardo-doni-monardo’ yang lain,” ujar Ceu Popong serius.

BACA SELANJUTNYA

No More Posts Available.

No more pages to load.