Doktor HC Letjen TNI Doni Monardo, Selarik Kisah yang Terpendam

oleh
oleh
Ketua Satgas Covid 19 Doni Monardo. FOTO : HUMAS BNPB

Cepat Luar Biasa

Langkah Doni Monardo pun diapresiasi banyak pihak, termasuk pejabat di Kemenko Maritim (yang kemudian berubah nomenklatur menjadi Menko Maritim dan Investasi). Komplimen terhadap Doni diucapkan Dr Ir Safri Burhanuddin, DEA, Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kemenko Maritim dan Investasi.

Berdasar Perpres 15/2018, Menko Maritim dan Investasi, adalah ketua pengarah pada program Citarum Harum. “Kami sangat senang dengan hadirnya Pak Doni Monardo sebagai Pangdam III/Siliwangi ketika itu, sehingga program ini menjadi lebih akseleratif,” ujar Safri.

Safri menambahkan, sebelum Doni menjabat Pangdam III/Siliwangi, program terkait penanggulangan pencemaran Sungai Citarum sudah ada dan sudah berjalan. “Kami berjalan, tetapi lambat. Setelah hadirnya pak Doni Monardo, terjadi kecepatan yang luar biasa. Beliau mampu mengintegrasikan seluruh stakeholder yang ada di Jawa Barat. Ini yang menarik dari pak Doni,” kata Safri pula.

Atas penganugerahan gelar Doktor Kehormatan dari IPB University kepada Letjen TNI Doni Monardo, Safri menyambut positif. “Beliau sangat pantas menerima gelar doktor kehormatan itu, mengingat kiprah nyata serta hasil nyata yang telah dihasilkan selama ini dalam menggeluti bidang lingkungan hidup di luar tugas pokoknya sebagai anggota TNI,” pungkasnya.

Bapak Citarum Harum

Aktivis lingkungan Irma Hutabarat, termasuk salah satu aktivis yang diundang Doni Monardo ke markas Kodam Siliwangi. Di antara sekian banyak problem lingkungan di Jawa Barat, Irma pun menyebut Citarum sebagai yang terparah, dan mendesak untuk dibenahi.

Karena itu, kata Irma lagi, jika saat ini, orang berbicara mengenai Citarum Harum dan Vetiver System, maka orang harus mengingat budi dan upaya awal yang dilakukan Doni Monardo, yang terbukti sangat efektif dan hasilnya bisa diukur.

BACA JUGA :  Cantika Lestari dari MBD Tiba di Ambon, Polisi Langsung Razia, Miras Sopi Disita

“Saya selalu menyebut beliau sebagai Bapak Citarum Harum dan Sahabat Hijau-ku. Saya sangat bersyukur beliau mendapat anugerah gelar doktor kehormatan dari IPB Universityu. Saya pikir, tidak ada yang lebih pantas menerima gelar itu daripada Pak Doni,” ujar Irma sambil meneruskan, “Inilah saatnya kita berterima kasih kepada TNI AD, dalam hal ini Kodam III/Siliwangi dan lebih khusus lagi berterima kasih kepada Pak Doni.”

Hobby Menghijaukan

Begitu gigih dan tekun mengatasi persoalan akut Sungai Citarum, Doni Monardo pun mendapat pujian dari Ir. Supardiyono Sobirin, aktivis lingkungan yang kemudian menjadi Anggota Tim Ahli Satuan Tugas Citarum Harum.

“Bapak Letjen Doni Monardo adalah seorang tokoh Jenderal yang saya kagumi. Di mana pun di seluruh Indonesia di tempat beliau ditugaskan, tidak pernah lepas dari hobby dan perhatian beliau untuk melakukan penghijauan di lokasi yang lahannnya kritis dan tandus, termasuk tata cara mencari dan memulihkan kelangkaan air untuk pemeliharaan bibit-bibit pohon yang ditanam,” ujarnya saat dihubungi tadi malam (25/3/2021).

Untuk sekian lama, Sungai Citarum telah mengalami pembiaran kerusakan yang sangat parah. Penanganan yang telah dilakukan sebelumnya, tidak membuahkan hasil signifikan.

Tugas menyehatkan kembali Sungai Citarum dijalankan Doni dengan sangat antusias dan serius, dengan konsep satu komando dan bekerja bersama rakyat untuk membersihkan limbah dan sampah, menanam pohon di lahan kritis, mengendalikan banjir dan kekeringan, untuk mencapai Citarum Harum Juara.

Sobirin melihat bagaimana Doni mengerahkan semua jajaran prajuritnya untuk menyehatkan kembali Sungai Citarum yang sakit parah.

Karenanya, tambah Sobirin, sangat pantas jika Doni Monardo mendapat gelar Doktor Honoris Causa dari Perguruan tinggi ternama Institut Pertanian Bogor (IPB University).

BACA JUGA :  Sebagian Pedagang Ogah Pindah dan Tetap Berjualan di Gedung Putih

“Selamat dan sukses Bapak Letjen Dr (HC) Doni Monardo, lanjutkan untuk menginspirasi seluruh rakyat Indonsia. Kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” ujarnya. (Roso Daras)

No More Posts Available.

No more pages to load.