Hijaukan Lingkungan Suli, Tim Penggerak PKK Maluku Tanam Seratusan Anakan Pohon

oleh
oleh
Ketua TP PKK Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail menanam anakan pohon di Negeri Suli Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Senin (12/4/2021). FOTO : HUMAS MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Tim Penggerak PKK Provinsi Maluku mengandeng Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kota Ambon melakukan aksi penanaman pohon di lokasi hutan Suli Banda, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Senin (12/4/2021).

Aksi peduli lingkungan ini didukung pula oleh Pemerintah Provinsi Maluku maupun Pemkot Ambon melalui KPH Ambon.“Diharapkan dengan penanaman pohon, lingkungan menjadi teduh, sejuk, dan segar,” kata Ketua TP PKK Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail.

Ketua TP PKK Widya semangat menanam pohon di lokasi hutan yang berlokasi di Desa Suli Banda itu.

Menurutnya, apa yang dilakukan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan juga dalam rangka menyongsong Hari Kartini pada 21 April mendatang.

“Saya merasa terpanggil untuk bersama-sama kaum perempuan dan pemerintah dalam hal ini KPH Ambon serta masyarakat untuk menghijaukan lingkungan dengan menanam pohon endemik Maluku yang semakin hari semakin berkurang jumlahnya yaitu Gmelina Molucana, yang oleh orang Maluku sangat dikenal dengan nama kayu titi.

Langkah ini, kata Widya, sebagai bentuk kepedulian perempuan Maluku bersama KPH Ambon dan masyarakat sekitar lokasi penanaman, dalam upaya mengurangi panas bumi dan perubahan cuaca ekstrim yang mengakibatkan terjadinya perubahan iklim global yang semakin dirasakan manusia saat ini.

Selain itu, kata Bunda PAUD Maluku ini, dengan menanam dan memelihara pohon akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi manusia dan lingkungan termasuk saat ini. “Dimana manusia harus hidup beradaptasi dengan kenormalan baru selama Covid-19,” tandas Widya.

Sebanyak 150 anakan pohon ditanam di lokasi tersebu dari berbagai jenis. Masing- masing anakan pohon yang ditanam yakni pohon titi sebanyak 120 anakan, pohon
mangga okulasi sebanyak 10 anakan,  rambutan okulasi sebanyak 20 anakan. (humasmaluku)

BACA JUGA :  Pasukan Kostrad Tiba Ambon,  Pangdam Pattimura : Harus Jadi Solusi Ditengah Kesulitan Rakyat

No More Posts Available.

No more pages to load.