Gempa Berkekuatan 5,0 Guncang Luat Banda, Tidak Berpotensi Tsunami

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Wilayah Laut Banda diguncang gempa tektonik pada Sabtu, 24 April 2021 pukul 15.50.36 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno mengatakanan, hasil analisis BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempabumi ini memiliki magnitudo M=5,0 kemudian diupdate menjadi magnitudo M=4,8.

“Episenter gempabumi terletak pada koordinat 4,19 LS dan 129,71 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 129 km arah Tenggara Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 110 km,” kata Bambang.

Bambang mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan pergerakan naik mendatar ( _oblique thrust fault_ ),” jelas Bambang.

Menurut Bambang, berdasarkan estimasi peta guncangan ( _shakemap_ ), gempabumi ini berpotensi menimbulkan guncangan di Ambon II MMI ( *Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang* ).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.
Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” tegas Bambang.

Menurut Bambang, hingga hari Sabtu, 24 April 2021 pukul 16.10 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan ( _aftershock_ ).

Bambang menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” kata Bambang.

Editor : Hamdi

 

BACA JUGA :  Sebelum Sekolah Tatap Muka, DPRD Ambon Minta Dinas Pendidikan Siapkan Fasilitas Standar Prokes

No More Posts Available.

No more pages to load.