Dewan Pers Verifikasi Faktual Media Online Terasmaluku.com, Ini Hasilnya

by
Anggota Dewan Pers Asep Setiawan melakukan verifikasi faktual media online Terasmaluku.com di Kantor Terasmaluku.com, Kamis (6/5/2021). FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dewan Pers (DP) RI melakukan verifikasi faktual media online Terasmaluku.com di Lantai II Kantor Terasmaluku.com kawasan Soabali Kota Ambon, Kamis (6/5/2021). Verifikasi faktual ini dilakukan anggota Dewan Pers, Asep Setiawan bersama Wisnu seorang staf Dewan Pers.

Kedatangan Asep disambut Direktur Utama PT. Medira Media Sejahtera, Hamdi Jempot yang juga Penanggungjawab Terasmaluku.com. PT. Medira Media Sejahtera adalah perusahan penyedia konten media Terasmaluku.com.

Saat verifikasi lapangan ini, anggota Dewan Pers melakukan pemeriksaan fisik berbagai dokumen perusahan pers. Diantaranya akta pendirian perusahan pers termasuk pengesahan badan hukum perusahan dari Kemenkumham.

Anggota Dewan Pers Asep Setiawan memeriksa berbagai dokumen Terasmaluku.com

Dewan Pers juga memeriksa sumber daya manusia media online Terasmaluku.com hingga gaji yang dibuktikan dengan slip gaji kepada wartawan dan karyawan yang bekerja di media online anggota AMSI ini.

Selain itu anggota Dewan Pers memeriksa fisik kantor, peralatan kerja redaksi termasuk konten media online Terasmaluku.com. Memerikas kode etik dan peraturan perusahan pers, sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Utama bagi penanggungjawab Terasmaluku.com dan memeriksa dokumen administrasi lainnya.

Asep menjelaskan verifikasi faktual perusahan pers ini berdasarkan amanat Undang -Undang Nomor 40  Tahun 1999 Tentang Pers, Pasal 15 Ayat 2 (G).

“Kita melakukan verifikasi faktual atau pemeriksaan data faktual untuk melihat mulai dari gedung, administrasi dan penangungjawab media,” kata Asep.

Asep mengatakan setelah melakukan pemeriksaan vaktual, media online Terasmaluku.com telah memenuhi syarat sebagai perusahan pers yang terverifikasi faktual di Maluku.

“Secara umum sudah terpenuhi faktual, namun ada catatan dokumen yang belum dilengkapi secara penuh,” kata Asep saat menyerahkan berkas verifikasi faktual kepada Hamdi.

Asep mengungkapkan catatan dokumen yang belum dilengkapi segera dilengkapi dan dikirimkan lagi ke Dewan Pers, agar Dewan Pers melakukan pleno dan mengirimkan sertifikasi sebagai perusahan pers yang terverifiksi di Maluku.

“Diharapkan semua dokumen bisa dilengkapi agar diperiksa kembali oleh kami setelah lebaran dan akan dikirimkan sertifikasi sebagai perusahan pers terverifikasi di Maluku,” jelas Asep.

Hamdi mengakui ada sejmlah berkas administrasi yang harus dilengkapi, karena itu segera dilengkapi untuk diserahkan ke Dewan Pers lagi.

Hamdi juga mengatakan verifikasi faktual ini merupakan bentuk perlindungan hukum untuk perusahan media dan wartawannya ketika suatu waktu menghadapi persoalan hukum.

“Semoga dengan verifikasi faktual ini, perusahan dan media Terasmaluku.com  profesional dan sejahtera kedepannya. Dan ini yang menjadi bagian dari visi dan misi kami, menjadi media terdepan di Maluku,” kata Hamdi.

Saat verifikasi faktual ini, Hamdi didampingi Redaktur Terasmaluku.com Priska Birahy dan dua awak Terasmaluku.com.

Peliput : Alfian Sanusi

Editor : Priska Birahy