Pertama di Maluku, Warga Hualoy-Tomalehu SBB Tamatkan 1.080 Juz Alqur’an Semalam

oleh
oleh

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Ratusan warga Negeri Hualoy dan Tomalehu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) menyambut malam Lailatul Qadar, dengan menamatkan 1.080 juz Alqur’an, dalam semalam.

Mulai dari anak-anak hingga orang tua membanjiri Masjid, Musholla dan ruas-ruas jalan di kedua negeri, Sabtu (8/5/2021). Biasanya warga kedua negeri meyakini, 27 Ramadhan sebagai malam Lailatul Qadar.

Kegiatan bertemakan Bumi Cinta ini dikemas dalam me kuposo puru atau mari mengaji. Sejumlah kalangan menilai, kegiatan ini merupakan kali pertama dan baru pernah terjadi di Provinsi Maluku.

Ketua Panitia Penyelenggara, Amran Tubaka mengatakan, tujuan diadakan kegiatan ini selain menjemput datangnya malam Lailatul Qadar, juga untuk meningkatkan kembali minat baca Alqur’an kepada generasi muda, agar mereka senantiasa mendalami dan memahami pesan-pesan Tuhan.

Amran mengatakan, kegiatan ini didukung oleh banyak pihak, salah satunya Yayasan Insan Cerdas Sejahtera. Selain itu juga, ada teman-teman dari Literasi Alqur’an Kota Ambon, dan Mahasiswa Kulia Kerja Nyata (KKN) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon di Negeri Hualoy.

Sementara untuk peserta pembaca Alqur’an diantaranya melibatkan masyarakat secara umum. Mulai dari santri-santri Taman Pengajian Qur’an (TPQ) hingga Majelis Taklim. Kegiatan utama difokuskan di Masjid Zainal Abidin dan Lawataka Negeri Hualoy.

“Jadi ada beberapa pihak yang turut membantu kami dalam kegiatan ini, seperti Yayasan Insan Cerdas Sejahtera. Mahasiswa KKN Unpatti di Hualoy, juga teman-teman Literasi Alqur’an Kota Ambon turut terlibat dalam hajatan akbar ini,” katanya.

BACA JUGA :  Remah-Remah Sejarah Kekristenan Maluku Oleh : Rudy Rahabeat

No More Posts Available.

No more pages to load.