Jelang HUT Kodam, Pangdam Ziarah Ke Makam M. Noer Tawainella, Pencetus Lawamena Haulala

oleh
oleh
Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin berziarah ke makam Noer Tawainella di Tulehu, Senin (10/5/2021). foto: Pendam16

Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 yang jatuh pada 15 Mei 2021 mendatang, dimanfaatkan Kodam XVI/Pattimura untuk meziarahi makam para pahlawan kusuma bangsa.

Tapi bukan hanya pahlawan nasional yang dipilih, namun juga pahlawan rakyat yang memiliki jasa besar, khususnya yang pernah memberikan sumbangsih besar bagi Kodam XVI/Pattimura.

Tradisi tahunan yang digelar Kodam XVI/Pattimura ini diawali dengan berziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapaha, pandan Kasturi, Senin (10/5/2021) yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin.

Upacara Ziarah berlansung secara khidmat dan sederhana yang diawali dengan penghormatan di TMP oleh pimpinan ziarah, kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan tabur bunga.

Usai melaksanakan ziarah di TMP Kapaha, Pangdam XVI/Pattimura melanjutkan ziarah ke makam Alm. M. Noer Tawainella yang berada di Kampung Kramat, Negeri Tulehu, Kabupaten Malteng. Alm. M. Noer Tawainella merupakan pencetus semboyan Pataka Kodam XVI/Pattimura “Lawamena Haulala”.

Pada tahun 1965 Kodam XVI/Pattimura yang saat itu masih berbentuk Korem 174/Pattimura belum miliki Pataka, menggelar sayembara guna mencari semboyan Pataka tersebut yang diikuti beberapa lembaga maupun organisasi.

Himpunan Seni Budaya Islam (HSBI) bersama Alm. Drs. M. Nour Tawainella berkat penelitian di Negeri Morella berhasil memenangkan sayembara tersebut dengan mengutip teriakan Kapitan Telukabessy yaitu “Lawamena Haulala” pada Kapata Perang Kapahaha tahun 1637-1646.

Pada kesempatan ini, Kodam XVI/Pattimura juga bersilaturahmi dan memberikan tali asih kepada keluarga Alm. M. Noer Tawainella.

“Jangan dilihat dari besar atau kecilnya, namun wujud penghargaan yang tulus terhadap keluarga Alm M. Noer Tawainella, semoga niat baik ini dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan Kodam XVI/Pattimura dengan keluarga Alm M. Noer Tawainella dan jasa-jasa Almarhum mendapat pahala di sisi Tuhan Yang Maha Esa”, ujar Pangdam.

BACA JUGA :  Anggota DPRD Ambon Ungkap Penyebab Tumpahan Ribuan Liter Avtur Dari TBBM Wayame

Sementara itu, salah satu anak Alm M. Noer Tawainella, Faisal Tawainella mengapresiasi kegiatan ziarah yang dilakukan Kodam XVI/Pattimura. “Saya berterima kasih kepada Bapak Pangdam XVI/Pattimura beserta jajaran, ini pertama kalinya buat kami”, ujarnya

Hal ini merupakan tradisi baru dalam peringatan hari ulang tahun Kodam XVI/Pattimura yang pertama kali dilakukan oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin. (Pendam16)

No More Posts Available.

No more pages to load.