Kepala Bappenas Inginkan Ambon Harus Miliki IFM, Sebagai Syarat Izin Kapal Asing Masuk

oleh
oleh
Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa bersama Gubernur Maluku Murad Ismail melakukan kunjungan kerja ke Kota Tual, Jumat (18/6/2021). FOTO : HUMAS MALUKU

TERASMALUKU.COM,-TUAL-Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa bersama Gubernur Maluku Murad Ismail melakukan kunjungan kerja ke Kota Tual, Jumat (18/6/2021).

Dalam kunjungan ini, Menteri dan Gubernur meninjau Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tual.

Dalam tinjauan ini, Gubernur memberitahu bila Kota Ambon telah mengekspor ikan tuna ke Narita Jepang. Tahapan ekspor pun tidak lagi transit di Kota Manado, melainkan langsung menuju kota tujuan ekspor menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

“Sekarang pak menteri datang kesini, mau melihat secara langsung. Kalian (Pemkot Tual) harus minta tolong sama beliau,” tegas Gubernur.

Di tempat yang sama, Kepala Bappenas menginginkan, Ambon harus mempunyai Internasional Fish Market (IFM). Hanya dengan cara inilah, pemerintah bisa memberikan persetujuan (Izin) kepada kapal asing untuk masuk ke perairan nasional.

Dan saat keluar dari perairan pun, kapal asing tak akan dibiarkan keluar begitu saja. Ikan hasil tangkapan wajib dibawa ke IFM. Dengan begitu, pemerintah akan tahu berapa banyak hasil tangkapan.

“Nah, selama ini itu tidak terjadi. Di seluruh dunia, IFM adalah palang pintu pertama. Jadi kalau mereka masuk dan keluar tidak lewat IFM, maka itu akan dianggap ilegal fishing. Itu intinya yang saya sampaikan kepada Menteri KKP Tranggono,” jelas menteri.

Di kesempatan ini, Kepala PPN Kota Tual Silvester Jaftoran, memberikan paparan singkat mengenai sistem operasional pelabuhan.

Paparan singkat itu, diantaranya menyangkut letak geografis/wilayah kerja dan pengoperasian PPN, perkembangan delapan perusahaan terikat kontrak, perkembangan operasional PPN Kota Tual periode 2016-2020 dan sistem operasional lainnya.

Usai meninjau PPN Kota Tual, Gubernur, Kepala Bappenas bersama rombongan meninjau pulau-pulau yang terletak di utara kepulauan Kei Kecil, diantaranya Pulau Adranan. Setelah itu, rombongan kembali ke PPN Kota Tual untuk istirahat.

BACA JUGA :  Dinas Kesehatan Ambon Batasi Penjualan Obat Keras Secara Bebas Di Apotek

Untuk diketahui, Gubernur, Kepala Bappenas dan Ketua TP-PKK Maluku Widya Pratiwi Murad, tiba terlebih dahulu di Bandar Udara Karel Sadsuitubun Langgur Kabupaten Maluku Tenggara, pukul 08.10 WIT, Jumat, (18/6/2021), sebelum meninjau PPN Kota Tual.

Mereka disambut Kepala Bappeda Maluku Anton Lailossa, Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Muhamad Taher Hanubun, Walikota Tual Adam Rahayaan, Ketua DPRD Kota Tual Alan S. Borut, Kapolres AKBP. Alfaris. Pattiwael, Kanit OPS Lanal Tual Yongki C. Lumowa dan pejabat lainnya. (Humasmaluku)

No More Posts Available.

No more pages to load.