Menteri Luhut Minta Investor di Weda Bay Malut Bangun Politeknik

oleh
oleh
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kedua kiri) dalam kunjungannya ke PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera Tengah, Maluku Utara, Selasa (22/6/2021). (ANTARA/HO Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta investor PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Halmahera Tengah, Maluku Utara, bisa membangun politeknik untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan setempat.

“Saya minta juga IWIP membantu tingkatkan kualitas pendidikan d sini dengan membangun politeknik seperti di Morowali, sehingga nanti anak-anak lokal bisa menikmati pendidikan yang berkualitas,” kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/6/2021).

Luhut menyampaikan permintaan tersebut saat mengunjungi IWIP, Halmahera Tengah, Selasa (22/6/2021). Dalam kunjungan tersebut, Luhut didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba, dan Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara.

Menurut Luhut, kondisi kawasan industri yang terintegrasi di IWIP cocok untuk menjadi tempat praktik yang bagus bagi siswa politeknik.

“Jadi semua industri strategis seperti ini, nanti harus ada Poltek (Politeknik) yang khusus untuk menampung anak-anak di sekitar pabrik agar suatu ketika bisa menggantikan pegawai-pegawai asing di pabrik-pabrik ini,” ujarnya.

Luhut menambahkan kurang tepat bila hanya menyalahkan masuknya tenaga asing ke sektor-sektor industri strategis tanpa mempelajari teknologi yang mereka miliki.

“Kita nggak boleh marah-marah karena nggak dapat tempat karena bagaimana juga teknologinya kita harus belajar juga. Jadi ada alih teknologi,” imbuhnya.

Luhut juga mengungkapkan dari pengamatannya selama kunjungan itu, sudah mulai ada tenaga kerja lokal yang bekerja di bagian teknis.

“Seperti kita lihat tadi di room control sudah banyak anak-anak kita. Ada yang dari jurusan matematika, pariwisata dan macam-macam. Tapi saya minta harus ada sekolah yang khusus agar bisa lebih bagus ke depan,” tegasnya.

Selain minta dibangun politeknik untuk masyarakat lokal, Luhut juga meminta kepada Vice President PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) Kevin He untuk memperhatikan aspek lingkungan.

BACA JUGA :  Beranjak Remaja Grup Hip-Hop Manumata asal Ambon Siapkan Konsep Baru

“Saya minta juga kepada Kevin agar lingkungan dijaga sehingga lebih bersih, seperti air pengeluaran dari power plant PLTU agar diperiksa sehingga clean (bersih),” urainya.

Tak ketinggalan, dia juga minta PT IWIP melakukan penanaman mangrove di sekitar kawasan seperti di Kawasan Industri Morowali. “Saya minta juga pemda bisa terlibat dalam penanaman (mangrove) tersebut,” pintanya.

Terakhir, Luhut juga mengingatkan kepada PT IWIP untuk mengonsumsi kebutuhan industri dari pengusaha lokal. “Saya kira investasi di sini akan terus meningkat dan rakyat di sini juga harus bisa menikmati,” pungkasnya.

IWIP merupakan kawasan industri berbasis logam yang merupakan patungan dari investor China yakni Tsingshan, Huayou, dan Zhenshi. Selama 2,5 tahun sejak dilakukan peletakan batu pertama, investasi yang digelontorkan mereka mencapai kurang lebih 5 miliar dolar AS dan akan terus bertambah hingga 11 miliar dolar AS.

Pewarta : Ade Irma Junida/Antara
Editor : Nusarina Yuliastuti

No More Posts Available.

No more pages to load.