Warga Pulau Banda Dihebohkan Bunyi Dentuman Misterius

by
Pulau Gunung Api dilihat dari Benteng Belgica di Pulau Neira, ibukota Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah. Foto : Dok. terasmaluku.com

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Banda, Johan Hasan yang dihubungi terasmaluku.com juga membenarkan kejadian ini. Hanya saja kata Johan, dentuman itu tidak ada kaitannya dengan aktivitas Gunung Api Banda.

“Dengar (suara dentuman) sih dengar, cuman yang namanya getaran kalau memang dari gunung (api) atau dari dalam bumi berarti terekam di kita punya alat (tercatat didata seismik). Kalau memang ada seperti ledakan, harusnya alatnya dia rekam, tapi kan ini tidak. Alatnya bersih. Kalau suara petir, alat tidak rekam,”terangnya via seluler.

Namun kata Johan menambahkan, informasi dari Pulau Ai yang letaknya disebelah barat Pulau Neira dan Pulau Gunung Api Banda, bunyi itu terdengar dari arah barat Pulau Ai dan Pulau Rhun.

“Gunung (Api) kan sebelah timur (Pulau Ai dan Pulau Rhun), berarti mereka (warga) di dua pulau itu dengarnya dari arah barat, bukan dari gunung, begitu informasinya. Jadi bukan dari Gunung Api,”tandasnya. (Ruzady)