Tiga Faskes di Ambon Tutup Sementara

by
Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Ambon, Joy Andriaansz. FOTO : PRISKA BIRAHY

TERASMALUKU.COM, AMBON – Tiga fasilitas kesehatan pratama di Kota Ambon tutup sementara. Puskesmas Hative Kecil, Martha Tiahahu dan Klinik Mata Ave, terdapat satu tenaga kesehatan di tiap faskes tersebut dengan hasil swab antigen positif.

Untuk sementara dinas kesehatan telah menutup sementara tiga faskes pratama tersebut. Seluruh nakes dan staf di sana melakukan swab tes PCR untuk memastikan kebenaran virus.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ambon, Joy Andriaansz menyatakan saat ini para nakes dan pekerja di sana serempak lakukan tes.

“Karena aktivitas merek asetiap hati dengan orang banyak, makanya mereka tes. Untuk sementara tutup sampai ada hasil,” Jelasnya kepada awak media di ruang Rapat Vlissingen, Balai Kota Ambon Rabu, (30/6/2021)).

Ketiga faskes tersebut juga sudah disterilkan hingga ada hasil yang pasti. Begitupun dengan nakes yang punya hasil positif.

Menurut Joy tingkat penularan virus cukup tinggi, mengingat aktivitas mereka setiap hari. Dimana para nakes terus bersentuhan dengan orang baru yang datang ke faskes untuk pengobatan.

Langkah penutupan ini juga untuk menutup kemungkinan penularan ke tenaga medis atau kesehatan lain yang sama-samadama berada di lokasi.

“Kita tunggu hasil swab PCR keluar. Kalau aman baru ada langkah langkah pembukaan kembali fasilitas,” Jelasnya.

Bersamaan dengan itu, kondisi Kota Ambon menurutnya sedang tidak baik. Penularan yang cepat dan penambahan angka terkonfirmasi membuat satgas tengah mengambil sejumlah langkah.

Seperti evaluasi dan pengaturan aktivitas keramaian seperi resepsi pernikahan dan kegiatan sejenis yang mendatangkan kerumunan banyak orang.

“Pemerintah berharap warga jadi lebih hati-hati sebab kondisi sedang tidak baik,” Harap Joy. (PRISKA BIRAHY)