Hingga Juni 2021, Tiga Lokasi Wisata Yang Dikelola Dispar Maluku Kantongi PAD Rp. 450 Juta

by
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Nenia Rahantoknam. FOTO : IMAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Hingga Juni 2021, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berhasil dikantongi Dinas Pariwisata Provinsi Maluku melalui tiga destinasi wisata yang dikelola mencapai Rp. 450 Juta.

Tiga destinasi wisata yang dikelola ini masing-masing Pantai Hunimua Liang di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon, Monumen Gong Perdamaian Dunia di pusat Kota Ambon dan Pantai Namalatu di Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

“Hingga 20 Juni 2021 dari tiga destinasi wisata yag dikelola Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, PAD yang kita peroleh sebesar Rp. 455.449.000,”ungkap Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata, Dispar Provinsi Maluku, Nenia Rahantoknam di Ambon, Kamis (1/7/2021).

Jika dibandingkan dengan Sememster I Tahun 2020 lalu, diakuinya, ada kenaikan. “Naik, karena tahun lalu itu kan kita tahu ada beberapa kejadian, pasca gempa lokasi wisata khususnya (Pantai) Hunimua Liang rusak berat karena rusak berat. Jadi waktu itu kita punya target pendapatan cuman Rp. 300 Juta karena gempa direvisi lagi jadi Rp. 150 Juta. Jadi ada kenaikan kalau Semester I Tahun ini,”jelasnya.

Untuk Tahun 2021 ini saja, Dispar Maluku menargetkan dapat meraup PAD dari tiga lokasi ini sebesar Rp. 1 miliar. “Target PAD kita itu satu miliar untuk tahun ini,”sambungnya.

Meskipun saat ini masih pandemi Covid-19, Nenia optimis target tersebut bisa tercapai. “Kita optimis akan mencapai itu,”tandasnya. (Ruzady)