Sebagian Besar Pasien Covid di Ambon Jalani Isolasi Mandiri di Rumah

by
FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Sebagian besar pasien Covid-19 yang ada di Kota Ambon ternyata jalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

BACA JUGA : TERUPDATE, Kota Ambon Kembali Zona Merah Covid-19

Sebagaimana diketahui, sesuai data Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku per Senin 5 juli 2021, untuk Kota Ambon saja tercatat ada sebanyak 1.082 pasien dalam perawatan.

Namun, dari jumlah sebanyak itu, hanya 361 yang diisolasi sekaligus dirawat pada lokasi karantina terpusat maupun Rumah Sakit Rujukan yang ditunjuk untuk menampung pasien Covid-19.

BACA JUGA : Kasus Aktif Melonjak Dratis, Jubir Satgas Covid Maluku : RS Rujukan di Ambon Sudah Penuh

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung. Foto : Istimewa

“Kalau dilihat dari data, paling banyak karantina di rumah,”ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung menjawab terasmaluku.com, Selasa (6/7/2021).

Pasien yang dikarantina mandiri di rumah masing-masing pasien kata dia merupakan pasien dengan gejala ringan. “Tapi dengan catatan diawasi agar jangan menularkan ke orang lain,”sambungnya.

Terkait penempatan dimana pasien Covid bisa diisolasi sekaligus jalani perawatan ini lanjut Rerung ada indikatornya. Salah satunya dilihat dari level saturasi oksigen.

“Jadi ada indikatornya, kalau yang bergejala tapi level saturasi oksigennya dibawah 95 persen itu sudah harus dirawat di Rumah Sakit,”tandasnya. (Ruzady)