Banjir dan Longsor di Leihitu Barat, BPBD Malteng: Akses Jalan di Allang Putus, Sejumlah Rumah Warga di Larike dan Wakasihu Rusak

by
Jalan raya di Dusun Wai Tanusang, Negeri Allang, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon ambles akibat longsor Senin (12/7/2021). Saat ini kerusakan sudah diperbaiki dan kendaraan sudah dapat melintas lagi. Foto : Istimewa

TERASMALUKU.COM,-AMBON-BPBD Maluku Tengah mencatat sejumlah titik di wilayah Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon alami longsor dan banjir akibat hujan deras.

Plt Kepala BPBD Malteng, Abdul Latif Kei menjelaskan, akibat hujan deras pada Senin 12 Juli 2021, jalan di Desa Allang tepatnya Dusun Wai Tanusang amblas sehingga sebabkan akses transportasi dari dan ke Kota Ambon terputus.

“Iya di Wai Tanusang, tiga hari lalu jalan putus. Akibatnya kendaraan tidak dapat melintas,”ungkapnya saat diwawancarai via seluler Rabu (14/7/2021).

Kerusakan jalan ini kata Abdul Latif menambahkan sudah diperbaiki dan kini sudah bisa dilalui kendaraan lagi. “Sudah diperbaiki, jadi ditimbun lagi dan sudah bisa dilalui kendaraan,”sambungnya.

Selain jalan putus, kata Abdul Latif ada juga rumah warga yang rusak akibat longsor dan banjir di Larike dan Wakasihu.

Namun berapa banyak jumlah rumah warga yang rusak itu kata dia menambahkan masih dilakukan pendataan oleh tim di lapangan.

Begitu juga dengan kategori kerusakan. “Masih sementara dilakukan pendataan oleh Tim di lapangan, berapa yang rusak ringan, beraapa yang rusak sedang maupun berat,”tandasnya.

Yang pasti kata dia, setelah pendataan ini, warga yang rumahnya rusak akan dibantu untuk perbaikan. “Sudah pasti itu,”tandasnya. (Ruzady)