Kasus Covid di Maluku Terus Melonjak, Lab PCR di Ambon Kewalahan

by
dr. Adonia Rerung. FOTO : ISTIMEWA

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Dampak dari lonjakan kasus Covid-19 di Maluku akhir-akhir ini menyebabkan Laboratorium Polymerase Chain Reaction atau PCR di sejumlah lokasi di Ambon kewalahan akibat banyaknya sampel atau spesimen swab yang harus diperiksa.

BACA JUGA : TERUPDATE, Maluku Naik Status “Zona Merah” Covid-19 Begitu Juga Kepulauan Aru

Ini disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, dr. Adonia Rerung Rabu (14/7/2021). “Bukan rusak, tapi kewalahan karena menumpuk,”sebutnya saat diwawancarai via seluler.

Olehnya itu, lanjut Rerung, salah satu solusi yang kini terpaksa harus digunakan adalah dengan mengoptimalkan pemeriksaan secara Rapid Antigen. “Jangan sampai penumpukan sampel itu jadi rusak karena tidak sempat diperiksa karena kelamaan, solusianya kita mengacu pada Rapid Antigen dulu, karena tidak bisa dipaksakan,”sambungnya.

Untuk Lab PCR ini kata dia menambahkan, memang di RS. Bhayangkara milik Polda Maluku di kawasan Tantui ada. Hanya saja perlu assesment uji kemampaun terlebih dahulu apakah layak atau tidak.

Ini dimaksudkan agar hasil pemeriksaan tidak berbeda. “Di RS Bhayangkara hanya saja belum diassesment diuji kemampuannya harus diassesment dulu oleh BTKL dulu apakah layak atai tidak jangan sampai hasilnya berbeda meskipun ada alatnya,”terangnya.