KM. Tidar Masih Kandas di Namlea, Pelni Kirim Tugboat dari Ambon

by
KM. Tidar kandas di perairan Namlea Senin (26/7/2021). Foto : Humas Polres Buru

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Percobaan oleh gerak KM. Tidar masih belum membuahkan hasil, kapal masih kandas di perairan Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru.

Ini disampaikan Manager Operasional PT. Pelni Ambon, Muhmmad Assagaff saat dikonfirmasi terasmaluku.com, Selasa (27/7/2021).

BACA JUGA : KM. Tidar Kandas di Perairan Namlea, Kabupaten Buru

Alhasil kata Assagaff, Pelni Ambon menyewa kapal tugboat atau kapal tunda dari Ambon dan dikirim ke Namlea untuk menarik KM. Tidar.

KM. Tidar kandas di perairan Pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru, Senin (26/7/2021). Foto : Tangkapan Layar

“Jadi sampai sekarang (Selasa) kapalnya masih belum bisa bergerak ya, kita sudah dua kali pasang (air naik) tertinggi dan olah gerak dengan mesin kapal namun tidak bisa bergerak, jadi kita sewa tugboat dari Ambon, jam lima sore ini dia menuju kesana, estimasi 12 jam, jam lima pagi besok (Rabu) sudah tiba di sana (Namlea),”terangnya via seluler.

Nantinya, pada pukul 05:00 WIT Rabu besok itu kata Assagaff, air laut pasang, sehingga akan dilakukan upaya penarikan. “Pas pukul 05:00 WIT (besok) itu pasang tertinggi lagi baru olah gerak, ditarik, itu feeling saya 90 persen bisa lepas,”sambungnya.

Tadinya lanjut Assagaff, KM. Tidar akan ditarik KM. Dobonsolo Rabu besok pagi, tapi karena lokasi itu alurnya terlalu sempit, sehingga dibatalkan dan dipakai tugboat. “Kapal (KM. Dobonsolo) besar nggak bisa, jadi kita sewa tugboat,”ungkapnya.

Jika skema ini berhasil, KM. Tidar berhasil ditarik Tugboat, maka paling terlambat Rabu siang kapal tersebut sudah bisa tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

“Kalau dia lepas, paling besok siang sudah disini (Ambon) kalau tidak ada kendala,”tandasnya. (Ruzady)