Danguspurla Koarmada III Pantau Vaksinasi Covid-19 di SBT

by

TERASMALUKU.COM,-BULA-Komandan Gugus Tempur Laut Komando Armada (Danguspurla Koarmada III), Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto, memantau langsung vaksinasi Covid-19 yang digelar secara massal kepada masyarakat maritim pulau terluar dan terdepan wilayah Kabupaten SBT di Gedung Serbaguna Kota Bula, Dinas Kesehatan SBT, Rabu (28/7/2021).

Retiono mengatakan, pelaksanaan serbuan vaksinasi maritim ini untuk mendukung program pemerintah pusat dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia dan wilayah timur. Vaksinasi tersebut tidak hanya berlangsung di SBT namunĀ  dilakukan juga pada 11 kabupaten kota se Maluku.

“Ini merupakan kegiatan serbuan vaksinasi maritim dalam rangka mendukung program pemerintah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh komponen angkatan laut. Kalau di wilayah timur ini, ada Koarmada III,” kata Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto kepada wartawan usia memantau vaksinasi.

Laksamana Pertama TNI Retiono Kunto menjelaskan, vaksinasi covid-19 ini penting untuk memberikan ketahanan kesehatan bagi masyarakat di Indonesia.

“Vaksinasi ini untuk memberikan ketahanan kesehatan bagi masyarakat paling utama. Jika itu terwujud maka otomatis ekonomi masyarakat juga meningkat,” katanya.

Dia mengatakan, ketahanan dalam strategi nasional itu dimulai dari ketahanan rakyat, ketahanan sosial budaya. Sebab jika itu baik, maka terwujud ketahanan ekonomi.

“Jadi kalau dalam strategi nasional itu, ketahanan itu mulai dari ketahanan rakyat, ketahanan sosial budaya. Kalau sudah sehat, bisa beraktivitas bisa bekerja, maka perekonomian akan terjaga. Kalau tidak sehat maka sulit,” ucapnya.

Diketahui, kegiatan vaksinasi massal ini dihadiri Wakil Bupati Idris Rumalutur, Penjabat Sekertaris Daerah Kabupaten SBT Jafar Kwairumaratu, Kepala Dinas Kesehatan Samaun Rumakabis, Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar, Danramil Bula, Kapten Inf Luky Iksan Pattimura, Organisasi Perangkat Daerah dan ratusan masyarakat yang divaksinasi. (Sofyan).