Bulan Bakti Pramuka, Kwarda Maluku Ziarah Makam Pahlawan dan Vaksinasi Massal

by
Memperingati Bulan Bakti Pramuka dan menyongsong HUT Pramuka ke-60 pada 14 Agustus 2021, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Maluku melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha Ambon, Selasa (3/8/2021). FOTO : HUMAS MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON,-Memperingati Bulan Bakti Pramuka dan menyongsong HUT Pramuka ke-60 pada 14 Agustus 2021, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Maluku melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha Ambon, dilanjutkan dengan vaksinasi Covid-19 di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku, Selasa (3/8/2021).

Upacara penghormatan kepada para pahlawan dipimpin langsung oleh Ketua Kwarda Maluku, Widya Pratiwi Murid. Upacara berlangsung hikmat, dilanjutkan dengan ziarah dan tabur bunga di makam para pahlawan.

“Ziarah dan tabur bunga yang kami lakukan hari ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang sudah mendahului kita,” kata Widya usai ziarah di TMP Kapahaha Ambon, Selasa (3/8/2021).

Usai melaksanakan ziarah dan tabur bunga, Widya bertolak menuju Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku untuk membuka kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan Kwarda Maluku bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Saat membuka acara vaksinasi, istri Gubernur Maluku ini mengatakan, pihaknya melaksanakan kegiatan vaksinasi karena saat ini dunia masih dilanda wabah pandemi Covid-19, tidak terkecuali Maluku.

“Penyebaran virus ini masih terus terjadi dimana kasus korban yang terkena virus Covid-19 juga masih terus berjatuhan. Untuk itu, perlu ada upaya bersama dari kita untuk memperoleh imunitas secara maksimal yang kemudian dapat memicu respon kekebalan dan menguatkan respon imun melalui suntikan vaksin,” jelasnya.

Dikatakannya, program vaksinasi ini tidak bertujuan untuk membuat seseorang menjadi kebal dan terbebas total dari Covid-19. Vaksinasi juga tidak serta-merta menggantikan implementasi Protokol Kesehatan. Karena itulah, pelaksanaan Vaksinasi harus tetap diiringi dengan disiplin dalam menerapkan 5M dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita harus tetap berikhtiar dan waspada, karena itulah Protokol Kesehatan menjadi satu kewajiban yang harus kita patuhi dan laksanakan. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengindari kerumunan, dan membatasi mobilitas, baik saat ini, maupun setelah kita selesai menjalani vaksinasi,” katanya mengingatkan.

Ia berharap, dengan melakukan vaksin maka dapat mengurangi tingkat resiko seseorang apabila terkonfirmsi positif Covid-19. “Kita berharap kedepan pandemi ini dapat dikendalikan, dan resiko kematian akibat positif Covid-19 juga semakin berkurang,” katanya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Widya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dan bekerja ikhlas dalam setiap tahapan pelaksanaan vaksinasi, terkhususnya para tenaga kesehatan, yang sudah bekerja keras, mulai dari pengobatan dan perawatan pasien Covid-19 hingga melakukan pelayanan Vaksinasi.

“Saya mengapresiasi kerja keras para tenaga kesehatan yang sudah bekerja sebagai garda depan penanganan Covid-19,” tandasnya.

Setelah membuka acara, Widya langsung meninjau dan melihat secara langsung pelaksanaan vaksinasi. Dia juga terlihat berbincang-bincang dengan para peserta vaksin yang berasal dari keluarga besar Kwarda Maluku dan para atlet PPLP Provinsi Maluku. Jumlah peserta vaksin yakni sebanyak 145 orang, terdiri atas 106 orang untuk vaksin tahap 1, dan 38 orang untuk vaksin tahap 1.

Selain melakukan ziarah dan vaksinasi massal, sehari sebelumnya Kwarda Maluku melakukan aksi Pramuka Peduli dan membagikan sebanyak 200 paket bantuan sembako kepada warga yang tertimpa bencana banjir dan tanah longsor di Kelurahan Batu Meja, Kelurahan Batu Gajah, Kelurahan Pandan Kasturi, dan Desa Hative Kecil. (Humasmaluku)