Terpilih Secara Aklamasi, Marasabessy Pimpin ICMI Maluku

by
Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Muhammad Marasabessy. FOTO : HUMAS MALUKU

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku, Dr. Muhamat Marasabessy, ST., M.Tech, dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Ketua Majelis Pengurus Wilayah (MPW) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Maluku masa bhakti 2019–2024.

Marasabessy dipilih dalam musyawarah internal pengurus ICMI Korwil Maluku yang digelar belum lama ini. Dia menggantikan Ketua MPW ICMI, Hasan Pellu, yang meninggal dunia beberapa waktu lalu, sebelum pelantikan MPW ICMI Maluku.

“Dengan kepercayaan dan amanah yang diberikan, saya berharap ICMI kedepan lebih mampu lagi menjadi bagian penting dalam membingkai berbagai potensi ummat Islam, khususnya di Maluku,” kata Marasabessy di Ambon, Sabtu (7/8/2021).

Dikatakannya, umat Islam di Maluku harus senantiasa menjadi pionir dalam merawat 4 Pilar Kebangsaan, apalagi Maluku secara sosiologi berbeda dengan daerah lain.

“ICMI harus tampil menjadi bagian penting dalam merekatkan ukhuwah islamiyah, ukhwah wathaniyah, maupun ukhuwah basyariyah ditengah kebhinnekaan ummat yang ada,” jelasnya.

Mantan pejabat di Kementerian PUPR ini ditetapkan MPP ICMI, sebagaimana Surat Keputusan Nomor 023/SKO-P/ICMl/08/2021 tertanggal 04 Agustus 2021 terkait Penyempurnaan Kepengurusan Majelis Pengurus Wilayah Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia Maluku Periode 2019 – 2024.

Tercantum dalam SK MPP ICMI yang ditandatangani Ketua Umum MPP ICMI, Prof Dr Jimly Asshiddiqie, SH dan Sekjen MPP ICMI, DR. Ir Mohammad Jafar Hafsah, Prof. Dr. H. Muhammad Attamimi., M.Ag sebagai Ketua Dewan Penasehat, Dr. Ir. Alwi Smith., M.Si sebagai Ketua Dewan Pakar.

Mantan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Maluku ini berharap, ICMI kedepan harus bisa menempatkan diri menjadi organisasi yang cendekiawan yang bisa menyatukan potensi yang ada untuk kesejahteraan ummat maupun dalam ijtihad membangun peradaban Islam yang baik kedepannya.

Dia juga mengharapkan, ICMI dapat berkontribusi besar dalam mendukung pembangunan daerah ini kedepan, khususnya mendukung kepemimpinan Gubernur Maluku, Murad Ismail, dalam upayanya mengejar ketertinggalan daerah ini, melalui network maupun SDM ICMI yang sudah terbangun.

“Kita harus bersinergi dalam mendukung pemerintah dalam membangun daerah ini menjadi lebih baik lagi,” tandasnya.

Sebelumnya, Marasabessy dipercayakan menjabat Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Maluku.

Saat Musyawarah Besar (Mubes) Ikatan Alumni Universitas Pattimura (IKAPATI) belum lama ini di Swiss-belhotel Ambon, dirinya juga dipilih dan diangkat sebagai Ketua Umum DPP IKAPATI. (ALFIAN)