Buka Festival Hatta-Sjahrir, Begini Kata Menteri Sandiaga Uno

by
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno saat berikan sambutan pada pembukaan Festival Hatta-Sjahrir Tahun 2021 secara virtual Kamis (12/8/2021). Foto : Tangkapan layar

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno membuka secara resmi helatan Festival Hatta-Sjahrir Tahun 2021 secara virtual dari Jakarta, Kamis (12/8/2021).

Festival Hatta-Sjahrir ini diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku dan Dispar Pemprov Sumatera Barat dan berlangsung hingga 14 Agustus tahun ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya menyatakan sangat mendukung diselenggarakannya festival ini.

BACA JUGA : Gubernur Murad Sebut Tiga Keistimewaan Banda pada Pembukaan Festival Hatta-Sjahrir 2021

Apalagi event ini menurutnya sebagai bentuk apresiasi masyarakat Maluku dan Banda secara khusus terhadap dua orang tokoh nasional tersebut.

Event ini menunjukkan sebuah bentuk apresiasi masyarakat Maluku khususnya Banda, untuk mengenang dua tokoh perjuangan nasional tersebut. Tentu selama enam tahun berada di pengasingan, Hatta –Sjahrir tidak berhenti berjuang. Keduanya justur diketahui membantu anak-anak Banda dalam hal pendidikan.

“Tentunya hingga saat ini, masyarakat Banda dan Maluku secara umum tidak akan pernah melupakan enam tahun kehadiran Hatta – Sjahrir di Banda. Dan keteladanan dari kedua tokoh ini, harus menjadi penyemangat kita untuk kembali bangkit disaat pandemi dan tantangan ekonomi dan berjuang untuk memajukan Indonesia,” kata Sandi.

Untuk diketahui, event ini digagas untuk mengenang kembali perjuangan Bung Hatta dan Sjahrir selama 6 tahun masa pengasingan mereka di Banda Naira. Semangat juang keduanya, yang tidak pernah padam dengan dukungan masyarakat Banda yang terbuka dan ramah, menjadi teladan bagi setiap generasi.

Turut hadir secara virtual, Gubernur Maluku, Murad Ismail, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, Keynote Speaker Seminar Nasional Hatta – Sjahrir, Meutia Farida Hatta/Rabyah Parvati Sjahrir/Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, para narasumber Babe Ridwan Saidi/M.J Huliselan dan Forkopimda Maluku/Sumbar. (Humasmaluku)