Gubernur Murad Sebut Tiga Keistimewaan Banda pada Pembukaan Festival Hatta-Sjahrir 2021

by
Gubernur Maluku, Murad Ismail. Foto : Humasmaluku

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Gubernur Maluku Murad Ismail menyebutkan tiga keistimewaan Kepulauan Banda saat pembukan Festival Hatta-Sjahrir Tahun 2021, Kamis (12/8/2021).

Festival Hatta-Sjahrir ini diselenggarakan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Maluku dan Dispar Pemprov Sumatera Baratdan berlangsung hingga 14 Agustus tahun ini.

Festival ini dibuka resmi secara virtual oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dari Jakarta.

BACA JUGA : Buka Festival Hatta-Sjahrir, Begini Kata Menteri Sandiaga Uno

Pertama, kata Gubernur Murad, Banda di anugerahi keindahan bahari dan kekayaan alam berupa rempah-rempah yang bernilai ekonomi yang tinggi.

Selain itu, laut Banda juga memiliki hasil perikanan dan kelautan yang luar biasa, serta merupakan salah satu lokasi penangkapan ikan nasional.

Kedua, Banda menjadi bagian dari sejarah dunia, yaitu ekspedisi bangsa Eropa untuk melakukan misi dagang dan penjelajah dunia baru.

Foto : Humasmaluku

“Ketiga, dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, kepulauan Banda di jadikan sebagai lokasi pengasingan para Founding Father di masa kemerdekaan, diantaranya, Muhammad Hatta, Sultan Sjahrir, dr. Cipto Kusumo, Iwa Kusuma Sumantri, dll,” sebutnya saat menghadiri pembukaan festival juga secara virtual dari kediamannya.