Dibawah Rintikan Hujan, Upacara HUT Proklamasi Ke 76 RI di Lapmer Ambon Berlangsung Khidmat

by
Upacara HUT Proklamasi RI ke-76 di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (17/8/2021). Foto : terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Upacara detik – detik Proklamasi ke 76 RI  di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Selasa (17/8/2021) berlangsung lancar dan khidmat meski gerimis.

Gubernur Maluku, Murad Ismail selaku Inspektur Upacara memimpin pelaksanaan Upacara HUT Proklamasi RI ke-76 di Lapmer Ambon, Selasa (17/8/2021). Foto : terasmaluku.com

Upacara yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ini dipimpin langsung Gubernur Maluku, Murad Ismail selaku Inspektur Upacara serta dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pejabat teras lingkup Pemprov Maluku, Kodam XVI/Pattimura, Polda Maluku dan DPRD serta instansi vertikal lainnya. Hadir juga mantan Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua.

BACA JUGA : Dea Ananda, Anak Brigade Pembawa Bendera Merah Putih Saat Upacara HUT RI di Ambon

BACA JUGA : FOTO : Paskibraka HUT Ke 76 RI di Ambon Hanya Tiga Orang

Bertindak sebagai Komandan Upacara kali ini adalah Letkol inf. Rudolf Gleend Paulus. Ia merupakan lulusan Akademi Militer Tahun 2003 dan kini menjabat sebagai Pabandya Jement Srendam XVI/Pattimura.

Sementara Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) hanya tiga personil masing-masing Charles Efra Efruan dari SMA Negeri 3 Kecamatan Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Burhan Tuarita dari SMA Negeri 3 Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah dan Dea Ananda Saputri dari MAN 2 Masohi Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah.

Upacara detik-detik Proklamasi ke 76 RI Tahun 2021 di Lapangan Merdeka Ambon, Selasa (17/8/2021). FOTO : HAMDI (TERASMALUKU.COM)

Dari pantauan di lokasi, Upacara HUT Proklamasi dimulai sekitar pukul 10:00 WIT diawali dengan detik-detik proklamasi usai laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara.

Dilanjutkan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury, mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara dan dilanjutkan pembacaan doa oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis.

Pukul 10:23 WIT, Paskibraka yang berbaris dari sisi Pattimura Park langsung menuju tiang bendera untuk pengibaran bendera Merah Putih.

Pengibaran bendera dilakukan pukul 10:25 WIT diiringi instrumen lagu Indonesia Raya dan berjalan sukses dan lancar. Paskibra terlihat sangat sigap dan tenang dalam menjalan tugas mereka.

Usai bendera merah putih di kibarkan, dilanjutkan dengan Andika Bhayangkari dan laporan dari Komandan Upcara kepada Inspektur dan upcara selesai. (Ruzady)