Hasil Riset OCBC NISP, 85 Persen Generasi muda Kurang Sehat Secara Finansial

oleh
oleh
Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP. FOTO : Tangkapan layar

JAKARTA–Bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, Bank OCBC NISP mempersembahkan OCBC NISP Financial Fitness Index.

Sebuah riset hasil kerjasama dengan NielsenIQ yang mengambarkan kondisi kesehatan finansial generasi muda Indonesia dengan melihat sikap dan perilaku dalam pengaturan finansial serta bagaimana cara untuk memperbaikinya.

Hasil riset OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukkan generasi muda Indonesia menjadi salah satu yang memiliki literasi keuangan yang rendah dengan rata-rata kesehatan finansial hanya mencapai 37,72, jauh dibandingkan Singapura yang mencapai 61.

Riset tersebut juga menunjukkan hanya 14,3% anak muda yang terlihat berusaha menuju “sehat” finansial, namun nyatanya kondisi mereka masih belum ideal. Hal ini salah satunya dikarenakan pemahaman para generasi muda yang masih tidak tepat dan lengkap terkait kekayaan dan bagaimana mengelola keuangan.

Pemberitaan media juga menunjukan fenomena ikutan tren investasi saham namun menggunakan uang hasil hutang, atau nekat terjun ke crypto currency menggunakan uang sekolah atau tabungan nikah.

Ka Jit, Direktur Bank OCBC NISP mengatakan, akses masyarakat pada produk dan layanan keuangan yang terus meningkat ternyata tidak selalu membawa dampak positif, khususnya di generasi muda jika mereka tidak dibekali dengan pemahaman keuangan yang baik.

Ka Jit menjelaskan, riset OCBC NISP Financial Fitness Index menunjukan 85,6% generasi muda terlihat kurang sehat secara finansial dan perlu segera melakukan check-up, sisanya terlihat sehat, namun ternyata PR-nya masih banyak.

“Generasi muda harus segera melakukan Financial Fitness Check Up sebagai langkah awal untuk memperbaiki kesehatan finansial mereka, dan jangan asal mengikuti tren keuangan atau ajakan investasi teman yang belum tentu tepat,” kata Ka Jit dalam siaran persnya, Kamis (19/8/2021).

BACA JUGA :  UPDATE, Pasien Covid-19 Sembuh di Maluku Bertambah 49

BACA SELANJUTNYA

No More Posts Available.

No more pages to load.