Klaim Negara Lain Tak Punya Hal Ini, Pemda Ajak Investor Bangun Ekonomi Maluku

oleh
Plh Sekda Maluku, Sadli Ie saat menghadiri Coffe Morning Bincang Ekspor Maluku yang difasilitasi Bea Cukai dan Bank Indonesia, di lantai V Aula Gedung Keuangan Negara, Jumat (27/8/2021). Foto : Humasmaluku

Sadli menambahkan, salah satu faktor yang membuat ekonomi tumbuh adalah potensi SDM atau Sumber Daya Alam yang baik. SDM yang kompeten sangat diperlukan untuk melaksanakan segala kegiatan yang menunjang meningkatnya perekonomian negara maupun daerah. Selain SDM, Sumber Daya Alam juga menjadi salah satu aspek dalam pertumbuhan ekonomi.

“Tanpa SDA, pertumbuhan ekonomi mustahil bisa terjadi. Maka dari itu, mengelola potensi SDA sangat penting dilakukan. Dalam perekonomian, SDA berperan sebagai bahan dasar untuk setiap produksi, tanpa adanya hal ini maka suatu negara atau daerah tidak akan memproduksi secara optimal,” tutup Sekda.

Sekda menegaskan, berbagai permasalahan dan masukan yang disampaikan para pelaku usaha, menjadi perhatian pemerintah daerah. Salah satu diantara masukan tersebut adalah mengenai pembentukan wadah bagi pelaku usaha. Seperti apa bentuk wadah yang dimaksud, akan dibahas selanjutnya. Mengingat, komoditas barang Maluku akan dibawa ke Surabaya sebelum diekspor.

“Yang jelas, pertemuan hari ini bukan akhir dari pengambilan keputusan. Mungkin permasalahannya ada suatu (Pembentukan) wadah. Apakah dalam bentuk BUMD atau yang lain sebagai titik kumpul mereka menelaah informasi pasar misalnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, agenda ini menghadirkan para Eksportir dan Logistic Expert (Ahli logistik) dari Jakarta dan Surabaya yang telah ahli dalam mengasistensi keberhasilan ekspor.

Diskusi Bincang Ekspor Maluku kali ini, salah satunya mendengarkan harapan pengguna Jasa dan pengusaha sehingga akan menjadi trigger bagi pemerintah untuk berubah dan menjalankan strategi bersama.

Dihadiri, Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGPP), Asisten III Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Maluku Meikyal Pontoh, Kepala Bappeda Anton Lailossa, Kadis Perindag Elvis Pattiselano, perwakilan Kemenkeu Maluku, perwakilan BI Maluku, perwakilan Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Maluku, perwakilan BPS Maluku, PT. Garuda Indonesia, PT. Angkasa Pura, PT. Pelindo dan lainnya. (humasmaluku)

BACA JUGA :  Perilaku Masyarakat Kunci Meningkatnya Kesembuhan Pasien Covid-19

No More Posts Available.

No more pages to load.