Rektor IAKN Ambon Buka Kegiatan PkM di Klasis Pulau-Pulau Letti Moa Lakor

by
Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si. FOTO : IAKN Ambon

TERASMALUKU.COM,-Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) merupakan salah satu amanat dari Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh kaum cendikiawan, baik dosen maupun mahasiswa.

Terkait dengan itu, Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melakukan seleksi proposal PkM bagi dosen dan mahasiswa di lingkup IAKN Ambon.

Kegiatan PkM di Klasis Pulau-Pulau Letti Moa lakor (Lemola).

Proposal yang lolos selanjutnya diberikan dana hibah untuk melakukan kegiatan bersama dengan mitra yang menjadi tujuan utama kegiatan PkM dilakukan.

Salah satu tim PkM yang diketuai oleh Rektor IAKN Ambon Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si berhasil lolos seleksi dan selanjutnya melakukan kegiatan atas kerjasama dengan mitra di Klasis Pulau-Pulau Letti Moa lakor (Lemola).

Kegiatan dengan mengusung tema “Penguatan Kapasitas dan Profil Pelayan” itu berlangsung pada Kamis (26/8/2021) hingga Jumat (27 /8/2021) di Kota Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Tema ini berangkat dari kebutuhan mitra di Klasis Lemola. Terdapat 7 mata kegiatan yang dirampung dalam kegiatan PkM ini. Salah satu diantaranya, Sosialisasi Rumah Aman yang dibawakan oleh Sekretaris Umum Gereja Protestan Maluku Pdt. S. I. Sapulette, M.Si.

Kegiatan PkM ini diikuti oleh 4 orang dari unsur dosen dan 2 orang dari unsur mahasiswa. Masing-masing Dr. Agusthina Ch. Kakiay, M.Si; Febby N Patty, D.Th, M.Th; Yamres Pakniany, M.Si; Ronaldo B Alfons, M.Sn; Theophanny P. Th Rampisela, S.Psi, M.Ed (mahasiswa S3 Pendidikan) dan Rio Gerald Samadara, S.Sn (mahasiswa S2 Musik Gereja).

Masing-masing anggota tim bertugas untuk memberikan materi kepada peserta yang terdiri dari pada pendeta di 28 jemaat yang ada di Klasis Lemola, utusan tim musik dan para pengasuh.

Dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan ini, Ketua Klasis Pulau-Pulau Letti Moa Lakor, Pdt. M. Timisela, S.Si menegaskan, kegiatan kerjasama dengan IAKN Ambon ini merupakan kegiatan yang penting.

“Sehingga para peserta harus mengoptimalkan kegiatan ini sebagai ruang belajar bersama yang bertujuan untuk menguatkan kapasitas sebagai pelayan di Klasis Lemola,” kata Timisela dalam siaran pers IAKN Ambon kepada Terasmaluku.com, Senin (30/8/2021).

Timisela menegaskan, sekalipun di tengah-tengah ancaman pandemi covid-19, semua pihak harus bersyukur karena kegiatan ini dilaksanakan ketika MBD sudah ada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2.

“Ini merupakan anugerah dari Tuhan yang punya pekerjaan ini bahwa kita. Timisela berharap kegiatan semacam ini terus dapat dilakukan dan Klasis Lemola setia menanti dan tetap bekerjasama dengan IAKN Ambon,” ungkap Timisela.

Sementara itu Rektor IAKN Ambon, Dr. Agusthina Ch.Kakiay, M.Si dalam sambutannya menegaskan, sudah menjadi tanggungjawab dari Perguruan Tinggu untuk melakukan kegiatan pengadian kepada masyarakat.

Kakiay mengatakan, IAKN Ambon terus berkomitmen dan konsisten melakukan kegiatan PkM untuk membantu masyarakat dalam menyelesaikan persoalan yang ada.

Kakiay berharap kehadian tim PkM IAKN Ambon di Klasis Lemola dapat memberikan kontribusi dalam membantu mitra untuk menjawab persoalan yang mereka hadapi. Diharapkan kerjasama dalam kaitan dengan kegiatan PkM mini dapat terus terjalin.

“Karena IAKN Ambon terbuka untuk bekerjasama dengan masyarakat kapan saja. Kami minta kepada para peserta untuk turut mendoakan proses pengalihan IAKN menjadi UKIN yang sedang dalam tahapan ini,” kata Kakiay.

Editor : Hamdi