Bupati Malra Minta Dukungan Pengembangan Industri Rumput Laut, Ini Respon Pemprov Maluku

by
Potensi rumput laut di Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. (ANTARA/Siprianus Yanyaan)

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Bupati Maluku Tenggara, M. Thaher Hanubun meminta dukungan Gubernur Maluku, Murad Ismail guna pengembangan industri rumput laut berskala besar di Malra menyusul ditetapkan pemerintah pusat sebagai Kampung Rumput Laut atau Seaweed Estate.

Status sebagai Kampung Rumput Laut ditetapkan lewat program Kementerian Koordinasi Bidang kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

BACA JUGA : Malra Kembangkan Industri Rumput Laut Skala Besar, Bupati Hanubun Minta Dukungan Gubernur Maluku

Menanggapi permintaan Bupati Hanubun dan juga kebijakan dari Pempus ini, Pemerintah Provinsi Maluku memastikan memberikan dukungan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku, Abdul Haris. FOTO : ISTIMEWA

“Pemerintah Provinsi pasti memberikan dukungan karena ini semua untuk mendukung Lumbung ikan nasional juga,”tutur Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku, Abdul Haris saat diwawancarai terasmaluku.com Selasa (31/8/2021).

Apalagi budidaya rumput laut sendiri menjadi item dari perikanan budidaya dalam program Lumbung Ikan Nasional (LIN) Maluku disamping perikanan tangkap.

“Jadi ini semuanya terkait peningkatan produksi untuk perikanan budidaya. Dalam LIN itu tidak semata-mata dari produksi perikanan tangkap saja tapi juga dari perikanan budidaya, salah satunya itu adalah komoditas rumput laut. Untuk itu pemerintah Provinsi pasti memberikan dukungan,”jawabnya. (Ruzady)