KPID Maluku Cabut Izin Siaran Tiga Stasiun TV

by
ILUSTRASI. FOTO : MERDEKA.COM

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Maluku mencabut izin tiga stasiun penyiaran.

Tiga stasiun penyiaran itu adalah Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) jasa penyiaran televisi atau lebih dikenal dengan sebutan Sport One Ambon, Inews TV Ambon dan Inews TV Masohi.

Ketua KPID Provinsi Maluku Mutiara D Utama (dua dari kanan) memberikan keterangan kepada wartawan Rabu (1/9/2021).

“Pencabutan ijin siaran tiga stasiun ini karena tidak pernah melakukan aktivitas penyiaran lagi,” kata Ketua KPID Provinsi Maluku Mutiara D Utama kepada wartawan Rabu (1/9/2021).

Dia menjelaskan, untuk Sport One Ambon sudah tidak melakukan penyelenggaraan penyiaran sejak 2019. Dan Mei 2021 untuk Inews TV Ambon dan Inews TV Masohi.

Hal tersebut dilakukan setelah KPID melakukan pengawasan siaran, verifikasi lapangan.

“Dari hasil pengawasan dan verifikasi lapangan, kita temukan tidak ada aktivitas penyiaran lagi,” kata Mutiara.

Karena itu kata Mutiara, ketiga lembaga penyiaran tersebut telah melanggar ketentuan pasal 34 ayat 5, butir C Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran.

Mutiara mengatakan, jika lembaga tidak melakukan aktivitas penyiaran, itu berarti frekuensi yang dipinjamkan menjadi sia-sia karena tidak terpakai.

“Sehingga jika tidak bisa digunakan seharusnya dikembalikan ke negara dan untuk digunakan bagi masyarakat atau investor penyiaran lainnya,” ujarnya.

Diketahui Sport One Ambon menggunakan Frekuensi 727.25. Sementara Inews Ambon menggunakan Frekuensi 767,25 dan Inews Masohi menggunakan Frekuensi 719.25. (ALFIAN SANUSI)