Aktivitas Pelayaran Kapal di Maluku Kembali Normal

by
Kapal Perintis di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon siap berangkat, Kamis (2/9/2021). FOTO : ALFIAN

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kapal Perintis mulai kembali melakukan pelayaran antar pulau di Wilayah Maluku, sejak Kamis (2/9/2021). Terhitung ada  5 kapal perintis yang mulai melakukan pelayaran.

“Dari tujuh kapal, ada lima yang beroperasi untuk melayani wilayah Maluku, duanya masih melakukan perawatan,” kata Kepala Pelni Cabang Ambon Ilhamda kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (2/9/2021).

Dia mengataka, sebelumnya pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level tiga, tidak ada aktivitas pelayaran apapun. Sehingga aktivitas tol laut juga menjadi lumpuh.

Saat aktivitas PPKM level 3 mulai dilonggarkan, permintaan dari masyarakat sangat banyak agar kapal bisa kembali beroperasi.

“Ada banyak permintaan dari masyarakat, tapi kapal bisa kembali beroperasi karena ada surat dari Dirjen Perhubungan laut,” katanya.

Ilhamda mengatakan, kelima kapal yang beroperasi itu adalah KM sabuk Nusantara 107, KM Sabuk Nusantara 105, KM Sabuk Nusantara 71, KM Sabuk Nusantara 72 dan KM Sabuk Nusantara 87.

“Kapal kapal ini kembali beroperasi untuk mengantarkan logistik ke daerah daerah terluar, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya. (ALFIAN SANUSI)