Puluhan Rumah Warga di Kecamatan Waesama, Buru Selatan Rusak Berat Akibat Diterjang Puting Beliung

by
Puluhan rumah warga di Desa Waeteba, Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan rusak akibat dihantam angin puting beliung, Selasa (7/9/2021). Foto : BPBD Buru Selatan

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Puluhan rumah warga di Kecamatan Waesama, Kabupaten Buru Selatan rusak parah akibat diterjang angin puting beliung, Selasa (7/9/2021).

Kepala BPBD Kabupaten Buru Selatan, Awad Mahulauw yang dikonfirmasi terasmaluku.com menjelaskan, puluhan rumah warga yang rusak ini berada di Desa Waesili dan Desa Waeteba.

Foto : BPBD Buru Selatan

“Iya betul, kejadiannya tadi, karena angin kencang itu menimbulkan abrasi karena cuaca ekstrem sekitar pukul 15:30 WIT,”ungkapnya menjawab Selasa malam.

Totalnya ada 25 buah rumah warga yang rusak akibat kejadian in. “Di Desa Waesili, 20 rumah warga yang rusak. Sedangkan di Desa Waetobo tetangga Desa Waisili ada 5 rumah warga rusak,”terangnya.

Kerusakan puluhan rumah warga ini lanjut dia sudah termasuk kategori rusak berat meskipun tidak ada korban jiwa akibat bencana alam ini. “Sejuah ini belum ada laporan tapi mudan-mudahan tidak ada,”harapnya.

Dampak dari cuaca ekstrem ini juga kata Mahulauw, terjadi banjir akibat sungai yang mengalir di sekitaran desa meluap.

Untuk langkah penanganan selanjutnya, kata Mahulauw, direncanakan Rabu besok setelah cuaca mereda baru pihak BPBD akan meninjau lokasi.

“Nanti besok karena cuaca masih ekstrem, laut tidakbisa, darat juga belum bisa karena banjir, detailnya itu kita lihat besok kalau cuaca mendukung baru kita bisa kesana,”tandasnya. (Ruzady)