Waspada, Arafura Alami Gelombang Sangat Tinggi

by
Ilustrasi

TERASMALUKU.COM,AMBON, – Gelombng sangat tinggi terjadi di dua perairan di Maluku. yakni di Laut Arafura Bagian Barat dan Laut Arafura Bagian Tengah.

Dalam prediksi cuaca dan kondisi laut, kedua perairan ini menjadi yang paling berisiko. dengan tinggi gelombang 4 – 6 meter.

Penyebabnya adalah adanya Siklon Tropis “Conson” dan Siklon tropis “Chantu” di Timur perairan Filipina.
Hal ini berimbas pada kondisi cuaca dan tinggi gelombang selama beberapa hari ini di Maluku.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Moc. Zainudin Damayanto menerangkan kondisi ini juga ditambah adanya angin yang bertiup dari arah Tenggara atau wilayah Australia menuju pusat tekanan rendah siklon tropis “Conson”
dan Siklon Tropis “Chantu” melewati wilayah Maluku.

“Hal ini meningkatkan Kecepatan angin di wilayah Maluku secara konstan yg mencapai 30 Knot. Ini yang memicu naiknya tinggi gelombang di wilayah perairan Maluku,” Papar Zainudin.
Laut Arafura Barat dan Laut Arafura Tengah adalah yang paling terkena dampak gelombbag sangat tinggi hari ini.

“Dengan kondisi peningkatan kecepatan angin dan potensi gelombang tinggi di wilayah
perairan Provinsi Maluku, Masyarakat dan kapal – kapal yang melintasa dihimbau untuk tetap Waspada dalam melakukan aktifitas di pesisir maupun di laut,” Imbaunya.

Sementara gelombang tinggi berkisar 2-3 meter terjadi di wilayah Laut Seram bagian Timur, Perairan P. Buru, Perairan P. Ambon Lease, Perairan Selatan Seram dan Laut Banda. (PRISKA BIRAHY)