Karena Faktor Ini, Dinkes Ambon Optimis Capai Herd Immunity Akhir Tahun

by
Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon. dr. Wendy Pelupessy saat diwawanacari Kamis (16/9/2021). Foto : terasmaluku.com

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dr. Wendy Pelupessy optimis herd immunity atau kekebalan kelompok di Kota Ambon bisa tercapai akhir tahun ini sebagaimana target yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Hal ini tidak terlepas dari tingginya animo dan kesadaran masyarakat di Ambon untuk divaksinasi Covid-19.

“Dengan kondisi masyarakat semakin antusias untuk divaksinasi tetap kita optimis capai 70 persen (herd Immunity) bahkan lebih,”kata wendy saat diwawancarai disela-sela kegiatan vaksinasi di kawasan Kebun Cengkih, Ambon, Kamis (16/9/2021) pagi.

Hingga pertengahan September ini saja, diungkapkan Wendy, vaksinasi di Ambon sudah mencapai 63,3 persen (per 15 September) dari total 274.194 penduduk yang jadi sasaran vaksinasi.

Sementara herd immunity bisa tercapai apabila 70 persen dari jumlah penduduk Kota Ambon tervaksinasi. “Berarti kita harus mencapai 100 persen artinya 274ribu ini harus tervaksin baru kita mendapatkan 70 persen dari jumlah penduduk,”sambungnya.

Dilain sisi, kata Wendy menambahkan, kesadaran masyarakat sangat penting untuk capai target tersebut. Karena jika tidak, maka tidak akan berarti apa-apa meskipun tim medis selalu siap.

“Selalu kita optimis dengan kondisi animo masyarakat kemudian dengan orang tua yang bergairah juga membawa anaknya untuk divaksinasi. Insya Allah kesadaran yang paling tinggi itu dari masyarakat,”pungkasnya. (Ruzady)