25 Korban KM. Hentri Belum Ditemukan, Hari Ini Ops SAR Terakhir

by
KM. Hentri terbakar di laut. Foto : tangkapan layar

TERASMALUKU.COM,-AMBON-Operasi SAR dalam pencarian 25 korban hilang insiden terbakarnya KM. Hentri di Laut Tanimbar, Maluku masih belum juga membuahkan hasil.

BACA JUGA : Speedboat Tenggelam di Perairan Tual, Dua Penumpang Belum Ditemukan

Sebagaimana diketahui, KM. Hentri terbakar di perairan antara Kepulauan Tanimbar dan Pulau Tanimbar, Kabupaten Maluku Tenggara pada 3 September lalu saat tengah berlayar menuju Merauke.

Dalam insiden kapal cumi itu terbakar, ada 32 ABK diatasnya. Namun, 2 ABK tewas saat kejadiaan naas itu terjadi, sisanya loncat ke laut untuk selamatkan diri yang berujung 25 ABK masih belum diketahui nasibnya sementara 5 ABK sudah ditemukan selamat tiga hari berselang.

BACA JUGA : Kapal Terbakar di Perairan Maluku, 25 ABK Hilang

Kepala Basarnas Ambon, Mustari mengatakan, pada Ops SAR hari ke-12 pada Minggu (19/9/2021), puluhan korban itu belum juga ditemukan.

Ops SAR kata Mustari akan kembali dilanjutkan Senin (20/9/2021) hari ini.

Namun kata Mustari, jika H-13 Senin hari ini hasil Ops SAR masih nihil juga, maka Basarnas Ambon akan ajukan ke Basarnas Pusat untuk penghentian Ops SAR dimaksud.

Kepala Basarnas Ambon, Mustari. Foto : tangkapan layar

“Hari ini (kemarin), H-12 masih nihil. Besok (Senin hari ini) itu hari ke-13, kalau tidak ada hasil, kami tutup. Karena dari waktu kejadian itu sudah hampir 20 hari. Besok (hari ini) kalau tidak ada hasil akan kami usulkan ke pusat untuk ditutup,”tuturnya menjawab terasmaluku.com, Minggu malam.

Karena Basarnas punya SOP dan batas waktu dalam melangsungkan Ops SAR.

“Kita sudah sampaikan setiap hari kepada anaknya yang ada itu, kita sudah laksanakan dengan SOP, kita tambah lagi tujuh hari, (kemudian) tambah lagi tiga hari tiga hari, kita putuskan tutup. Terserah pihak keluarga mau terima atau tidak, terserah mereka. Kalau mereka mau melanjutkan usaha pencarian dengan usaha sendiri itu diperbolehkan, hanya kita (Basarnas) ada batas waktunya,”tandasnya. (Ruzady)